Lukisan “Text” (Dedy Sufriadi)

Text - Dedy Sufriadi
0 2.450

Lukisan Text merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Dedy Sufriadi.

Text – Dedy Sufriadi
  • Pelukis : Dedy Sufriadi
  • Judul : “Text”
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on canvas
  • Ukuran : 150 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan Text

Lukisan ini merupakan lukisan naive, narative, symbolisme dengan gaya abstrak ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan cat akrilik di atas kanvas.

Makna Lukisan

Dengan menggunakan variasi teks, ditambah dengan nuansa dan simbolisme naif, karya Dedy Sufriadi menanamkan baik ubiquity maupun sejarah terkini tentang teks dan simbologi ke dalam komposisi ekspresionis abstrak yang rumit. Dengan menggunakan berbagai kutipan sastra, narasi dan simbol untuk menggantikan apa yang biasanya menjadi permainan dalam warna dan garis.

Karya Dedy yang lebih baru mengalihkan teks ke tingkat yang lain, di luar literal dan familiar. Salah satu gaya yang lebih dikenalnya sebagai bentuk perwujudan konsep hypertext, yang dipinjam dari dunia teknologi informasi. Dia mengajak para pemirsa seninya untuk melakukan ekstrapolasi dan membentuk makna kontekstual mereka sendiri dari citra visual yang dipresentasikan.

Dalam beberapa kasus, teks itu berbeda dan dikenali namun sering dikaburkan sebagai akibat dari layering dan overpainting. Semakin banyak kita meneliti karyanya, semakin banyak informasi terwujud, dalam bentuk teks dan terkadang dalam bentuk ikonografi, memungkinkan kita menafsirkan apa yang disajikan kepada pemirsa sebagai petunjuk visual. Secara konseptual ini mirip dengan bagaimana hyperlink – baik teks dan ikon berbasis – memudahkan kita melompat dari satu lokasi ke lokasi lain di Internet, mengungkapkan lebih banyak informasi di sepanjang jalan. Dalam rangkaian karya seninya yang terbaru, Lorem Ipsum. Dedy menggunakan tulisan acak dan hampir seperti teks yang menjadi latar belakangnya, yang merupakan figurasi naif yang berlapis-lapis, menciptakan perwujudan visual dari apa yang mewakili nama seri (teks placeholder yang dibentuk dan ditetapkan pada akhir bentuk) komposisi yang siap bagi pemirsa untuk merumuskan hubungan emosional pribadi di mata pikiran mereka.

Terlepas dari gaya spesifik yang disajikan, karya seni Dedy bertujuan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita dan akhirnya tentang dunia di sekitar kita.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Indoartnow.com https://indoartnow.com/uploads/artwork/image/4397/artwork-1398923011.jpg http://www.artemisartgallery.com/dedy-sufriadi/
Comments
Loading...