Lukisan “The Black Figur” (Labadiou Piko)

The Black Figur - Labadiou Piko
0 23.597

Lukisan The Black Figur merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Labadiou Piko.

The Black Figur – Labadiou Piko
  • Pelukis : Labadiou Piko
  • Judul : “The Black Figur”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Paper
  • Ukuran : 28 H x 22 W x 2 in

Deskripsi Lukisan The Black Figur

Lukisan ini merupakan lukisan figurative dengan gaya abstrak. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik dan bahan lain di atas kertas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang hitam dan putih kehidupan.

Makna Lukisan

Sebuah ungkapan klasik sering dicuatkan: “hidup tidak sesederhana hitam dan putih.”

Karena hidup memang tidak sesederhana hitam dan putih saja. Apalagi bagi kita yang sejak dari kandungan ibu telah menghirup nafas kebudayaan Timur yang sejak semula mempunyai pandangan yang kompleks mengenai kehidupan. Bahwa hidup itu penuh warna, penuh rasa, penuh kesan, penuh tanya, penuh misteri yang selalu memberi ruang terbuka bagi aneka interpretasi yang tidak pernah final dengan titik hitam atau putih.

Akan tetapi, hitam dan putih, terang dan gelap, Yin dan Yang, baik dan jahat adalah warna dasar kehidupan. Sebagai dasar, hitam-putih melahirkan warna-warna lain. Karena hitam dan putih mewakili kenyataan-kenyataan hidup yang kontradiktif, unpredictable, dan terkadang bagi pola pikir Barat sulit untuk didamaikan. Bagi pola pikir barat, kenyataan hidup itu adalah hitam atau putih (titik), tidak ada koma. Hitam dan putih meringkaskan kenyataan bahwa manusia diciptakan pria dan wanita (normal) dan di luar pria dan wanita adalah sebuah anomali.

Jangan pernah melihat kenyataan hidup hitam atau putih saja, terang atau gelap saja, baik atau jahat saja sebagai dua kutub atau kekuatan yang dipertentangkan tetapi pandanglah keduanya sebagai sebuah harmoni yang menjadi abu-abu karena memang kehidupan manusia tidak sesederhana hitam vs putih, tetapi abu-abu. Jika kegelapan mulai melingkupi hidupmu, yakinlah selalu bahwa setelah mendung pasti akan hujan, dan matahari akan kembali bersinar cerah dalam hidupmu. Alam telah mengajari kita banyak hal sebagai buku yang terbuka untuk melihat dan memaknai hidup tidak sebatas hitam atau putih.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Figur-Hitam-The-Black-Figur/68393/2333790/view https://www.kompasiana.com/fajarbaru/filosofi-hitam-putih-foto-boleh-hitam-putih-tetapi-hidup-tidak-sesederhana-hitam-putih_55103b75813311cb35bc627e
Comments
Loading...