Lukisan “The Matador #2” Karya Sentot Widodo

The Matador #2 - Sentot Widodo
0 7.232

Lukisan “The Matador #2” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Sentot Widodo.

The Matador #2 – Sentot Widodo
  • Pelukis : Sentot Widodo
  • Judul : “The Matador #2”
  • Tahun : 2013
  • Media : Acrylic and Chinese Ink on Canvas
  • Ukuran : 147 cm x 100 cm

Deskripsi Lukisan “The Matador #2”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, abstrak figuratif. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik dan tinta Cina di atas kanvas.

Gaya Lukisan

Sejak awal karirnya sebagai perupa di awal tahun 2000an, gaya melukis realistik tak pernah ditinggalkan. Mata, tangan, dan otak Sentot berjalan seiring dan singkron. Ditambah dengan elemen material berupa cat maupun pengencernya seakan-akan menjamin kepresisian objek atau subjek yang digambarnya. Singkatnya, apapun yang dilukis memenuhi kriteria sebagai gambar, sebagaimana pengertian gambar dalam perspektif konvensional.

Tema Lukisan

Sekilas karya-karya lukisannya yang berwarna cerah terlihat hanya komposisi dan sapuan warna. Padahal lukisan abstraknya justru mengekstraksi figur-figur alam binatang.

Teknik dan Media Lukisan

Sentot menyajikan lukisan-lukisan berbasis medium tinta air pada kanvas. Ditinjau dari aspek materi, karya semacam ini telah menjadi bagian dari sejarah seni lukis. Tapi bila dikaji lebih lanjut, ini bisa jadi merupakan tradisi yang bisa dikatakan tidak biasa dalam aturan atau konvensi bahan dalam seni lukis. Kanvas, kita tahu biasanya dipakai untuk cat minyak atau akrilik. Sebaliknya, tinta air yang biasanya dipakai untuk kertas, kini dipadu dengan kanvas. Ada banyak makna yang tersirat di balik realitas medium seperti ini.

Salah satunya adalah persepsi mengenai “keabadian” dan permanensi karya. Jika pada kertas biasanya tingkat permanensinya lemah, maka kini ia memakai kanvas untuk meningkatkan permanensi tersebut. Padahal kebiasaan tinta air yang diterakan pada kertas adalah sumbu persoalan yang paling klasik: pemakaian yang maksimal teknik tinta air yakni munculnya gradasi yang halus, kecerahan warna, dan permukaan kertas yang lembut.

Objek yang dikemukakan dikerjakan hanya dengan satu teknik dalam tinta air, yakni teknik opaque atau teknik kering/ menumpuk. Jika ditelusuri lebih lanjut, maka secara teknik pada karya-karya yang dipamerkan kali ini, Sentot mengamankan dirinya dengan memperlakukan tinta air sebagai cat minyak.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/sentot-widodo http://www.kersanartstudio.com/uploads/5/6/0/8/56083467/sentot_tarung_taruh.pdf
Comments
Loading...