Lukisan “The Mythical Object” (Rinaldi Syam)

The Mythical Object - Rinaldi Syam
0 1.560

Lukisan The Mythical Object merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rinaldi Syam.

The Mythical Object – Rinaldi Syam
  • Pelukis : Rinaldi Syam
  • Judul : “The Mythical Object”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 70.9 H x 70.9 W x 2 in

Deskripsi Lukisan The Mythical Object

Lukisan ini merupakan lukisan landscape dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis terinspirasi oleh gunung yang indah, sejuk dan mempunyai sejarah yang kuat. Semua orang suka hidup nyaman dalam keindahan.

Makna Lukisan

Gunung adalah suatu bentuk permukaan tanah yang letaknya jauh lebih tinggi daripada tanah-tanah di daerah sekitarnya. Gunung biasanya lebih besar dibandingkan dengan bukit, tetapi bukit di suatu tempat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang disebut gunung ditempat yang lain. Gunung pada umumnya memiliki lereng yang curam dan tajam atau bisa juga dikelilingi oleh puncak-puncak atau pegunungan. Pada beberapa ketinggian gunung bisa memiliki dua atau lebih iklim, jenis tumbuh- tumbuhan, dan kehidupan yang berbeda.

Misteri gunung sangat terkenal dikalangan para pecinta alam khususnya mereka yang pernah melakukan pendakian di gunung. Desas desus misteri dibalik keindahan gunung  sudah bukan lagi menjadi rahasia. Dari mulai sejarahnya sampai mitos yang berkembang di masyarakat sekitar gunung tersebut. Bentuk-bentuk penghormatan kepada gunung dan hutan sebagai ruang yang diyakini sebagai tempat yang “berpenghuni” dalam arti terdapat kekuatan gaib atau istilahnya angker, ternyata menciptakan cara berperilaku yang tidak jauh dengan prinsip konservasi. Dalam prinsip konservasi yang dibutuhkan adalah rasa saling menghormati dan menjaga alam. Masyarakat cenderung akan berpikir ulang jika melakukan kegiatan di tempat-tempat yang dianggapangker. Mereka akan menjaga dan menghormati tempat-tempat tersebut. Meskipun bentuk dari penghormatan tersebut seringkali berupa ritual-ritual tertentu, namun dalam hal ini mampu menciptakan sikap bijaksana untuk menghargai alam. Suatu tempat yang dianggap angker membuat aktifitas manusia jarang dilakukan di tempat tersebut. Hal ini justru dapat menjaga keseimbangan ekosistem karena kurangnya aktifitas manusia.

Mitos juga berlaku pada hewan-hewan tertentu yang dianggap keramat, seperti ular, kucing, burung gagak, burung hantu, dan hewan lainnya. Dengan adanya mitos ini kelangsungan hidup hewan tersebut lebih terjamin, karena masyarakat yang menganggap keramat hewan ini. Mengingat satwa adalah bagian dari jaringan ekosistem yang turut pula memainkan perannya dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Sebagai contoh mitos Dewi Sri yang menjelma sebagai ular sawah. Mitos ini ada jauh sebelum ilmu pengetahuan tentang lingkungan berkembang. Masyarakat petani mengkeramatkan ular sawah karena dianggap sebagai jelmaan dari Dewi Sri yang membawa keberkahan dan kesuburan sawah. Lewat kaca ilmu pengetahuan adanya ular sawah tersebut akan membantu petani dalam mengendalikan hama terutama tikus sawah. Kotoranya juga dapat menjadi pupuk yang menjaga kesuburan tahan.

Saat kita ingin mencari udara segar maupun liburan yang menantang banyak orang memilih untuk mendaki gunung. Tentunya untuk mendaki gunung kita diharusnya memiliki fisiki yang kuat. Namun disisi lain di daerah gunung terdapat banyak mitos yang dipercaya warga di lereng gunung memiliki sisi mistis yang sangat kental. Seperti misalnya Gunung Salak. Gunung ini mejadi populer setelah pesawat Sukhoi Superjet 100 menabrak tebingnya, namun seperti diketahui ternyata terhitung sudah tujuh pesawat yang juga mengalami hal tragis. Akibatnya Gunung Salak dijuluki sebagai jalur gunung angker, tak hanya itu banyak orang menganggap gunung ini angker karena banyak pendaki yang menuturkan mendengar suara gamelan atau bahkan hingga melihat penampakan mahluk halus pada saat mendaki Gunung Salak. Bahkan, tidak sedikit pendaki yang hilang di Gunung Salak.

Itulah sedikit tentang gunung yang menjadi inspirasi dalam lukisan ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-the-mythical-object/350205/3853797/view http://www.awas-aja.com/2017/06/misteri-7-gunung-indonesia-angker.html?m=1
Comments
Loading...