Lukisan “The Survivor” Karya RM Soni Irawan

The Survivor - RM Soni Irawan
0 5.238

Lukisan “The Survivor” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, RM Soni Irawan.

The Survivor – RM Soni Irawan
  • Pelukis : RM Soni Irawan
  • Judul : “The Survivor”
  • Tahun : 2017
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 125 cm x 90 cm

Deskripsi Lukisan “The Survivor”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop-art, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Soni mengatakan, karya-karyanya pada umumnya menggambarkan rasa tak nyaman kehidupan di sekitarnya, dengan cara dan gayanya yang melow. Dengan cara itu dia mau bersikap lebih lembut dan toleran dengan keadaan, tanpa menjerit atau memproduksi teriakan.

Latar Belakang

Karya Soni Irawan mulai mendapat perhatian luas dari khayalak seni rupa ketika ia memenangi penghargaan Phillip Morris yang bergengsi melalui karyanya “Bangun dari Mimpi Buruk yang Indah” pada tahun 2001. Ia belajar secara formal pada jurusan seni grafis di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Soni Irawan pun pada akhirnya mengeksplorasi berbagai media, termasuk lukisan maupun instalasi. Hampir semua bisa dilihat kaitannya dengan musik, terutama karena Soni memang masih sangat aktif manggung bersama bandnya, Seek Six Sick, terutama di peristiwa-peristiwa musik indie di Yogyakarta. Tidak mengherankan jika secara bentuk dan gagasan estetik, karya-karya Soni menggemakan sesuatu tentang musik itu sendiri, jika tidak bisa dilihat lebih luas, tentang suara (sound).

Teknik Dan Konsep Karya

Karya Soni selalu menghadirkan persoalan sosial dengan kaitan kehidupan personalnya. Dengan fragmen-fragmen dan elemen yang bertumpuk-tumpuk dan kadang menempelkan elemen bordiran. Menurut Rain Rosidi dan Bambang Toko  (pengamat seni), dalam karya Soni, figur-figur dan goresan liar yang diambil dari bentuk-bentuk komikal nan bebas memenuhi bidang kanvas. Pemakaian warna-warna primer seolah-olah hendak memberikan sebuah ironi, warna-warna yang terlihat cerah dan menyenangkan itu menyimpan sesuatu yang chaotic, riuh, dan bising. Bagi Soni, melukis sebagaimana dalam bermain musik, adalah sebuah pesta. Maka, setelah melihat karya seni rupa ini, Anda akan melihat warna-warna kuning, biru, merah, hijau, dan warna-warna cerah lain dengan cara yang sangat berbeda.

Warna Kuning Bagi RM Soni Irawan

Soni menampilkan karya seni yang dominan berwarna kuning. Paling tidak setiap karyanya dibubuhi dengan warna kuning.

Soni percaya bahwa kuning itu menandai jenis perasaan manusiawi yang tidak cuma satu. Ia memaknai suasana melow pada warna kuning. Karyanya memang tak lagi mengungkit-ungkit jaman kuningisasi, tapi sepertinya ia mengganggap bahwa tiap kekerasan atau ideologisasi akan menimbulkan semacam derau yang panjang.

Lukisan-lukisan dengan latar kuning dan gambar-gambar Soni pada umumnya membawa kita pada suasana groundless. Ini tidak berarti ia gemar menjungkir balikkan sosok pada karyanya, agar terkesan melayang tak menjejak; atau mendorong fantasinya sejauh yang bisa, untuk berkelit dari gambaran kenyataan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/soni-irawan https://lifestyle.bisnis.com/read/20120221/230/65038/soni-irawan-warna-kuning-di-atas-kanvas
Comments
Loading...