Lukisan “The Time Has Come” Karya Adi Kaniko

The Time Has Come - Adi Kaniko
0 5.511

Lukisan “The Time Has Come” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Adi Kaniko.

The Time Has Come – Adi Kaniko
  • Pelukis : Adi Kaniko
  • Judul : “The Time Has Come
  • Tahun : 2005
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 93 cm x 135 cm

Deskripsi Lukisan “The Time Has Come”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Karya Adi Kaniko melukiskan suasana batin, kondisi sosial, dan politik di diri manusia sebagai suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Perjalanan Karir

Adi Kaniko yang merupakan lulusan IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Seni Rupa Surabaya (sekarang Universitas Negeri Surabaya / UNESA) merupakan perupa yang aktif berkesenian selama hidupnya.

Tema Lukisan

Adi biasanya membuat mural dengan gambar penguasa besar dan rakyat kecil. Penguasanya berbentuk kepala babi, dan kepala-kepala rakyat kecil yang berbentuk macam-macam.

Namun, jika tokoh yang dilukisnya berkarakter baik, maka bentuk kepalanya akan seperti manusia pada umumnya. Ciri khas lainnya dari karyanya adalah penggunaan warna hitam dan putih.

Hasil karya Adi Kaniko yang bertema “Anonymous” menggambarkan soal empat kesadaran manusia yang dapat membentuk manusia sebagai unidentified.

Penggambaran tentang manusia seperti bentuk, sifat, dan penampakannya tidaklah biasa.

Adi kerap menyajikan ungkapan bahasa visual tentang filosofi kehidupan, kritik sosial, juga isu politik melalui objek lukisan badan manusia berkepala tidak biasa yang lebih menyerupai hewan. Itu bermula saat ia menyaksikan secara langsung peristiwa penjarahan yang terjadi pada tahun 1998 yang menandai runtuhnya era Orde Baru di Indonesia.

Ia melihat orang-orang membakar dan menjarah seenaknya, liar seperti perilaku hewan. Meski zaman telah berubah, namun objek lukis tersebut masih sering dimunculkan Adi hingga saat ini, dengan nuansa hitam putih. Menurutnya, hitam putih adalah alami, bisa bercerita, sehingga orang tertarik melihat karena gambar, bukan karena warna.

Makna Lukisan Bagi Adi

Setelah lepas dari dunia kerja, melukis menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Melukis menjadi media untuk mengekspresikan diri, menjadi penyalur segala jenis energi emosional, maka proses melukis menjadi cara penyembuhan. Begitu pula karya lukis mengandung energi gores dan warna yang dapat memulihkan raga dan memutihkan jiwa.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.mutualart.com https://www.mutualart.com/Artist/Adi-Kaniko/0BFAE5FE574B0FBF/Artworks http://www.herworld.co.id/article/2015/11/3646-Memaknai-Lukisan-Kontemporer-Adi-Kaniko
Comments
Loading...