Lukisan “The Wise Thinker” (Ronald Apriyan)

The Wise Thinker - Ronald Apriyan
0 3.555

Lukisan The Wise Thinker merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Ronald Apriyan.

The Wise Thinker – Ronald Apriyan
  • Pelukis : Ronald Apriyan
  • Judul : “The Wise Thinker”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 100 cm x 100 cm

Deskripsi Lukisan The Wise Thinker

Lukisan ini merupakan lukisan animasi, narative, imajinative dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan cat akrilik di atas kanvas.

Makna Lukisan

Ronald Apriyan telah lama aktif di dunia seni dan menjadi seniman berbakat. Meski gayanya berangsur-angsur berubah selama hidupnya sebagai seniman, karya-karya “telanjang” tentang usahanya tanpa henti dan terus menerus mengekspresikan (kerinduannya) terhadap kehidupan idealis di lingkungan yang selalu berubah di sekitar rumahnya di Yogyakarta.

Perkembangan dan kemajuannya tidak hanya mengubah bentang alam pulau dengan cepat, tapi juga berarti perubahan kualitas hidup secara permanen. Perubahan itu tidak perlu berarti kondisi kehidupan yang buruk, namun karena desa, sawah dan hutan hijau menjadi bangunan dan rumah beton, orang-orang berjuang untuk menemukan keseimbangan finansial dan sosial di ruang bebas yang lebih kecil. Beberapa karyanya merupakan persembahan atas hal-hal yang menurutnya sentimental. Seperti hutan di dekat tempat tinggalnya ketika masa kanak-kanak, impiannya memiliki rumah pribadi, gejolak memilih pemimpin, hingga wujud kecintaannya terhadap dunia seni lukis.

Ronald Apriyan memang sering disebut sebagai ranah kenangan dan impian anak-anak dalam karyanya. Dia adalah sumber pendidikan anak-anak dan nuansa sentimental, yang mengingatkan pada gambar anak-anak, membangkitkan kepolosan dari kesenangan masa kecil dan humor bawaan mereka, kembali ke keadaan pikiran anak-anak. Anak-anak memiliki sesuatu yang kita (orang dewasa) telah kehilangan – kualitas kepolosan. (Sumber : https://theartling.com)

Perubahan mendadak dari seninya baru-baru ini tidak luput dari perhatian dan ia mendapat banyak penghargaan di dunia seni tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri, seperti Singapura dan Hong Kong.

Pernyataan Pelukis

“Ini (semakin sabar dan tidak terlalu mengumbar warna dalam lukisan) merupakan upaya untuk menjadi lebih dekat dengan karya. Saya mencoba menghayati karya dan proses pembuatannya dengan lebih dalam”. (Sumber http://www.harpersbazaar.co.id)

Meski sudah pasti menandai era baru dalam karya seninya, pada intinya lukisan-lukisan Ronald mencerminkan arti sebenarnya seperti yang terlihat.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://viviyipartroom.com/ http://viviyipartroom.com/wordpress/wp-content/uploads/3-2-768x770.jpg https://www.lukisan.nl/ronald-apriyan/
Comments
Loading...