Lukisan “Theatre” Karya Tisna Sanjaya

Theatre - Tisna Sanjaya
0 6.397

Lukisan “Theatre” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tisna Sanjaya.

Theatre – Tisna Sanjaya
  • Pelukis : Tisna Sanjaya
  • Judul : “Theatre”
  • Tahun :  1987
  • Media : Mixed Media on Paper
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan “Theatre”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, dekoratif. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran di atas kertas. Karya-karya Tisna yang mengusung gaya abstrak cenderung ke seni abstrak yang menjauhkan diri dari realitas sosial dan lebih berorientasi pada persoalan dalam diri (mikrokosmos) senimannya.

Perjalanan Karier

Tisna Sanjaya dilahirkan di Bandung, Jawa Barat, pada tahun 1960. Ia seorang pengagum lukisan-lukisan karya Chan Tanjung, Rusli, dan karya-karya Mooi Indie lainnya, bahkan lukisannya yang memenangi lomba yang diselenggarakan oleh BKKBN itu pun terinspirasi oleh gaya Rusli.

Ia sangat produktif berkarya dan aktif menyelenggarakan pameran, baik pameran tunggal maupun pameran bersama. Karena aktivitas dan intensitas berkaryanya, serta terobosan kreativitasnya, Tisna dan karya-karyanya banyak mengundang perhatian dan kupasan para pengamat seni rupa di Indonesia. Wacana berkarya yang dikembangkannya banyak ditanggapi, diikuti, dan dinegasi (pernyataan yang nilai kebenarannya berlawanan dengan pernyataan asalnya) oleh seniman-seniman lainnya terutama generasi yang lebih muda.

Karakteristik Karya

Untuk mengkategorikan Tisna Sanjaya dalam seni rupa modern sangatlah tidak tepat bila kita menggunakan parameter modernisme Barat, karena karyanya tidak
ditujukan untuk mengubah dan mempersoalkan bentuk dalam menggapai esensi rupa, seperti yang menjadi titik tujuan seni rupa modernis.

Dalam penciptaan karya seni, Tisna Sanjaya berangkat dari permasalahan yang diamatinya sehari-hari, dari permasalahan yang terjadi di sekelilingnya (keluarga) sampai persoalan yang lebih luas. Persoalan yang membuat nuraninya terketuk yang menimbulkan rasa kecewa, kemarahan akibat melihat perlakukan pemerintah, atau kelompok-kelompok tertentu yang memiliki kekuasaan sehingga menciptakan ketidakstabilan. Keselurahan permasalahan tersebut diekspresikannya ke dalam karya seni.

Tema Lukisan Tisna Sanjaya

Sejak 1995-an, ia banyak mendapat perhatian dari para pengamat seni rupa Indonesia dan bahkan internasional. Karena karya-karyanya banyak mengungkapkan tema-tema kepincangan sosial dan politik di Indonesia, terutama semasa Soeharto masih berkuasa. Ia juga selalu peduli terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kemanusiaan, seperti menyertakan karyanya di dalam pameran solidaritas untuk sang empu tari Mimi Rasinah yang terbaring sakit, serta korban musik Underground di Bandung, 2008. Tisna Sanjaya percaya bahwa di dalam karya seni terkandung nilai-nilai yang mampu menciptakan perubahan, meskipun tidak secara langsung, tetapi diakuinya bahwa karya seni merupakan instrumen penting dalam sebuah perubahan kebudayaan.

Ia percaya seni rupa pun memiliki nilai penyadaran bagi masyarakat. Dan esensi perubahan bukan semata-mata sebagai tujuan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org/ http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/tisna-sanjaya-1 http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/[email protected]_artikel_abstrak/Isi_Artikel_514540059267.pdf
Comments
Loading...