Lukisan “Under the Lovely Mushroom” Karya Anis Ekowindu

Under the Lovely Mushroom - Anis Ekowindu
0 2.474

Lukisan “Under the Lovely Mushroom” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Anis Ekowindu.

Under the Lovely Mushroom – Anis Ekowindu
  • Pelukis : Anis Ekowindu
  • Judul : “Under the Lovely Mushroom
  • Tahun : 2012
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 100 cm x 145 cm

Deskripsi Lukisan “Under the Lovely Mushroom”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Anis menciptakan metafora yang surreal dan penuh canda akan kecintaan manusia dan sikap eksploitatifnya pada lingkungan sekitarnya serta ‘pembalasan’ alam pada para penjajahnya. Memadukan gambaran tanaman, serangga, dan binatang secara detail, halus dan nampak ringkih didampingkan dengan tokoh utama yang selalu nyengir. Anis menyampaikan perumpamaan ringan melalui comedy of errors yang disusun dengan seksama dan sangat menghibur.

Karakteristik dan Tema Lukisan

Lukisan-lukisan Anis Ekowindu menampakkan citra yang mudah untuk dikenali oleh pemirsanya. Karyanya merupakan visualisasi figur-figur realistik yang menampilkan gesture tertentu. Gesture yang jenaka dan bermuka sangat “Jawa” mencirikan karya Anis.

Objek-objek lukisannya adalah orang-orang sekitar dan terdekat dengan Anis dalam gesture yang sangat ‘biasa’. Selain menarik pandang, juga membuat kita tergiring pada rasa ingin tau tentang makna dibalik karya tersebut. Kalaupun tidak terpancing untuk berpikir dalam, paling tidak kita pasti terhibur dengan unsur jenaka dari gesture sang model.

Disamping ketertarikan untuk bermain objek animasi yang kaya warna, Anis juga mengolah objek keseharian dari keluarga dan saudaranya dalam warna cenderung minimalis dan abu-abu menjadi sajian yang sederhana namun elegan dan berbobot.

Karya-karya dengan visualisasi minimal dengan kesan jenaka dan pesan yang mencerminkan karakter Anis Ekowindu yang cenderung suka mengamati dan mengolah persepsinya kemudian.

Teknik Lukisan

Gaya lukisan Anis yang solid dan ekspresif berpadu dengan karakter penggambaran objek yang dibubuhkan anak lelakinya. Meskipun cenderung tak utuh, permainan mimik dan parodi yang menjadi kekhasan Anis tidak hilang. Kejenakaan tetap hadir lewat teknik visual yang berhasil memperlihatkan guratan kegeraman yang naif dari anak kecil. Akan tetapi, Anis yang selalu memberi ruang di setiap karyanya, ia seringkali bereksperimen. Sentuhan imajinasi figur-figur yang seolah direkatkan begitu saja mengisi kekosongan ruang di kanvas. Dengan begitu, lukisannya pun memberikan kesan keriuhan dan keluguan sekaligus.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/anis-ekowindu https://kabarnyaindonesia.blogspot.com/2009/10/ac-i-invitation-anis-ekowindu-theatre.html?m=1
Comments
Loading...