Lukisan “Universal Rythm #8” Karya Putu Bonuz Sudiana

Universal Rythm #8 - Putu Bonuz Sudiana
0 3.251

Lukisan “Universal Rythm #8” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Putu Bonuz Sudiana.

Universal Rythm #8 – Putu Bonuz Sudiana
  • Pelukis : Putu Bonuz Sudiana
  • Judul : “Universal Rythm #8
  • Tahun : 2018
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 100 cm x 100 cm

Deskripsi Lukisan “Universal Rythm #8”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Seperti lazimnya lukisan abstrak, lukisan karya Putu Bonuz  memang tak menampakkan pesan yang bisa dengan mudah dikenali. Namun, penyisipan pesan semacam itu sepertinya memang tidak perlu karena setiap lukisannya sudah mengandung sebuah pesan yang sangat politis.

Perjalanan Karir

Putu Sudiana (Bonuz), selain dikenal sebagai seorang pemangku, Putu Bonuz juga dikenal sebagai seniman yang multitalenta dengan pergaulan yang sangat luas. Dilahirkan di pulau kecil Nusa Penida, pantai tenggara Bali pada tanggal 30 Desember 1972. Tempat yang dikenal untuk memancing dan budidaya rumput laut, Sudiana memulai dengan melukis perahu nelayan. Minat yang besar dalam melukis tidak biasa di sebuah desa nelayan, tetapi ini tidak mengecilkan hatinya dari keinginannya untuk belajar melukis secara formal. Setelah menyelesaikan SMP di Nusa Penida, ia berani pindah ke Bali untuk belajar di Sekolah Tinggi Seni Rupa (SMSR). Kemudian pada tahun 1995 ia melanjutkan ke Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (STSI, sekarang Institut Seni Indonesia, ISI) di Denpasar.

Karakteristik Lukisan

Karya Putu Bonuz adalah bagian dari perkembangan seni lukis Bali yang dinamis. Hubungan, gesekan atau mungkin pengaruh perupa akademis seperti perupa Sanggar Dewata atau perupa STSI Bali sangat terlihat dalam karyanya.

Putu Bonuz dapat digolongkan sebagai perupa Bali yang berani meninggalkan “identitas” Bali, identitas yang menguntungkan banyak seniman Bali. Sepertinya Putu Bonuz ingin menjadi bagian perupa “dunia” yang kebetulan lahir dan hidup di Bali. Karya Putu Bonuz yang berdiri diatas nilai universal menjadi menarik diamati karena ia tumbuh di Bali.

Makna Lukisan Abstrak  Putu Bonuz

Seperti lazimnya lukisan abstrak, lukisan karya Putu Bonuz  memang tak menampakkan pesan yang bisa dengan mudah dikenali. Namun, penyisipan pesan semacam itu sepertinya memang tidak perlu karena setiap lukisannya sudah mengandung sebuah pesan yang sangat politis. Setiap karyanya memberi pesan bahwa lukisan abstrak yang di Indonesia kerap dianggap bersifat apolitis dan ternyata bisa menjadi senjata perlawanan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/putu-bonuz-sudiana https://www.google.com/search?q=karya+Putu+Bonuz+Sudiana&client=opera&ei=_24MXZPCA4rRrQGnvrbIAw&start=10&sa=N&ved=0ahUKEwjTva3F7_niAhWKaCsKHSefDTkQ8tMDCIsB&biw=1093&bih=737
Comments
Loading...