Lukisan “Untitle 12” Karya Dwi Januartanto

Untitle 12 - Dwi Januartanto
0 2.161

Lukisan “Untitle 12” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Dwi Januartanto.

Untitle 12 – Dwi Januartanto
  • Pelukis : Dwi Januartanto
  • Judul : “Untitle 12”
  • Tahun : –
  • Media : Mixed Media on Paper
  • Ukuran : 44.4 W x 26 H x 0.1 in

Deskripsi Lukisan “Untitle 12”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme, ekspresionisme, dadaisme, pop art. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran di atas kertas.

Latar Belakang

Dwi Januartanto adalah salah satu pelukis Indonesia. Dwi Januartanto lahir tahun 1988 di Lamongan, Jawa Timur. Lulus dari Pendidikan Seni Rupa di Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2015.

Selain berkarya secara pribadi, ia juga berkarya secara kelompok dan menginisiasi berbagai aktifitas seni. Di sela kegiatannya mengikuti berbagai pameran, Dwi Januartanto juga melakoni kerja kekuratoran dan menyutradarai beberapa pertunjukan. Tahun 2011 bersama beberapa kawan membentuk komunitas seni Serbuk Kayu. Pada tahun 2012, ia turut mendirikan grup seni pertunjukkan eksperimental Noise Brut. 

Seringkali karya seni Juniartanto menggambarkan tentang hasrat seksual, ketakutan, kecemasan, dan sekitarnya. Mengacu pada unsur estetika dan teknik seni modern, karena ia berpikir lebih personal dan mendalam. Beberapa seni yang digunakan antara lain; ekspresionisme, surealisme, dadaisme, abstrak, dan seni pop.

Konsep Karya dan Media Lukisan

Karya yang dibuat oleh Januar selalu di titik beratkan pada konsep, dia tidak pernah terkekang oleh satu medium yang pasti, Januar banyak berekplorasi mengunakan medium yang berbeda-beda. Seringkali karyanya adalah mengenai hasrat seksual, ketakutan, kecemasan, dan area sekitarnya. Mengacu pada unsur estetika dan teknik seni modern, karena menurutnya lebih personal dan mendalam.

Dwi Januartanto adalah seorang seniman muda yang mengeksplorasi berbagai medium. Ia pernah menekuni seni performan, membuat seni derau, hingga mengeksplorasi seni kinetis.

Karya-karyanya ini merupakan rekaman sebuah fase hidup yang dialami oleh Dwi Janurtanto, sebuah masa di mana kepalanya dihinggapi oleh hantu-hantu yang tak kasat mata, yang menimbulkan kecemasan berlebihan. Sehingga membuatnya menarik diri dari berbagai ikatan sosial dan mempertanyakan kembali batas-batas moral yang bekerja di masyarakat. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.saatchiart.com/ https://www.saatchiart.com/account/artworks/850748 https://www.instagram.com/p/Bk6K_rNlo84/https://serbukayu.org/2018/03/31/dwi-januartanto/
Comments
Loading...