Lukisan “Untitled” (Indra Setiyawan)

Untitled - Indra Setiyawan
0 1.425

Lukisan Untitled merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Indra Setiyawan.

Untitled – Indra Setiyawan
  • Pelukis : Indra Setiyawan
  • Judul : “Untitled”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan Untitled

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme Ekspresionis. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan tentang manusia yang terikat dan menutup mata.

Makna Lukisan

Kebebasan merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Oleh kita, terkadang kebebasan dimaknai sebagai perilaku seenaknya. Lahirlah semangat kebebasan nilai dan individualisme dalam diri kita. Padahal, kebebasan melahirkan tanggungjawab yang mengandaikan adanya hak dan kewajiban manusia itu sendiri. Selama ini Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi grand issue dan ideologi global yang dituntut, mengapa kita bersama tidak mempertanyakan kewajiban manusia. Pertanyaan itu diajukan, karena persoalan kewajiban manusia adalah problem filosofis yang harus dijawab dan disadari.

Manusia pada dasarnya dapat dipandang sebagai makhluk Tuhan, dan dilain pihak manusia merupakan hasil dari alamnya. Maksudnya, manusia sebagai individu yang kongkrit merupakan produk dari masyarakat beserta budaya yang ada di dalamnya. Memandang dunia secara utuh merupakan salah satu tugas manusia. Karena sebagaimana kaum muslimin ketahui bahwa manusia memiliki tanggung jawab sebagai khalifah di muka bumi (khalifah fil ardli).

Dari segi lain, manusia dengan bebas mempunyai dan menetapkan suatu tujuan. Yang menjadi soal adalah bagaimana manusia menghayati eksistensinya dalam kebebasan dan bagaimana mengatasi paradoks yang dihayati manusia, agar ia mampu mencapai kebebasan eksistensi sebagai pribadi. Karena bagaimanapun kita diberikan kekuatan oleh Tuhan untuk berkehendak dan berusaha (ikhtiar), namun di sisi lain, kita memiliki keterbatasan yang karenanya kita harus bertawakal.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/-k/40658/903600/view https://www.kompasiana.com/iurusliana/memaknai-kebebasan-manusia_54ff0f6ea33311e54150f83a
Comments
Loading...