Lukisan “Upacara Tradisional Lombok” (Andy Firmansyah)

Upacara Tradisional Lombok - Andy Firmansyah
0 3.715

Lukisan Upacara Tradisional Lombok merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Andy Firmansyah.

Upacara Tradisional Lombok – Andy Firmansyah
  • Pelukis : Andy Firmansyah
  • Judul : “Girl”
  • Tahun : –
  • Media : Pencil and Watercolor on Paper
  • Ukuran : 11.8 H x 8.3 W x 0.4 in

Deskripsi Lukisan Girl

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya potret Expressionism, Figurative, Fine Art. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan tentang Upacara Tradisional setiap daerah.

Makna Lukisan

Upacara adat adalah suatu upacara yang sangat sakral yang sering kita jumpai  di indonesai, dimana upacara adat sendiri memilki suatu kesan sendiri bagi yang melaksanakan upacara tersebut. Di indonesia sendiri  upacara adat masih sering di lakukan seperti upacara adat pernikahan, memperingati hari-hari tertentu dan masih banyak lagi. Di daerah Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat upacara adat sanggat sering di lakukan terutama upacara adat pernikahan, selain upacara adat pernikahan masih banyak upacara adat yang dimiliki oleh lombok yang unik.

Salah satunya tradisi Nyongkolan. Sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada suku sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. kegiatan ini berupa arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita, dengan diiringi keluarga dan kerabat mempelai pria, memakai baju adat, serta rombongan musik yang bisa gamelan atau kelompok penabuh rebana, atau disertai Gendang beleq pada kalangan bangsawan.
Dalam pelaksanaannya, karena faktor jarak, maka prosesi ini tidak dilakukan secara harfiah, tetapi biasanya rombongan mulai berjalan dari jarak 1-0,5 km dari rumah mempelai wanita.
Tujuan dari prosesi ini adalah untuk memperkenalkan pasangan mempelai tersebut ke masyarakat, terutama pada kalangan kerabat maupun masyarakat dimana mempelai perempuan tinggal, karena biasanya seluruh rangkaian acara pernikahan dilaksanakan di pihak mempelai laki-laki.
Sebagian peserta dalam prosesi ini biasanya membawa beberapa benda seperti hasil kebun, sayuran maupun buah-buahan yang akan bibagikan pada kerabat dan tetangga mempelai perempuan nantinya. Pada kalangan bangsawan urutan baris iring-iringan dan benda yang dibawanya memiliki aturan tertentu.

Untuk melestarikan sebuah budaya yang ada di indonesia , kita sebagai warga negara indonesai harus tau budaya-budaya atau upacara-upcara  adat yang ada negara sendiri terlebih dahulu untuk nantinya budaya dan adat-istiadat yang ada di negara kita bisa mendunia .

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.
Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Upacara-Tradisional-Lombok/1009855/3741955/view
Comments
Loading...