Lukisan “???” (Valentino Tino)

??? - Valentino Tino
0 2.570

Lukisan ??? merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Valentino Tino.

??? – Valentino Tino
  • Pelukis : Valentino Tino
  • Judul : “???”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 31.5 H x 23.6 W x 1.2 in

Deskripsi Lukisan ???

Lukisan ini merupakan lukisan nature, abstrak, konseptual dengan gaya dadaisme. Dengan teknik melukis menggunakan bahan cat minyak di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang  “siapakah aku?? apakah ini mimpi??”

Makna Lukisan

Tidak ada sesuatu hal didunia yang terlepas dari kebebasan pikiran.  Dalam tidur nyenyak tidak ada pikiran dan tidak ada dunia.  Dan kalau terbangun dan dalam keadaan mimpi, pikiran hadir, duniapun ada.

Dunia ini akan dilihat seperti obyek yang sungguh nyata jika pikiran keluar meninggalkan jati diri.  Jika dunia dilihat seperti itu, kenyataan diri tidak akan dicapai.  Sebaliknya, ketika diri sadar, dunia berhenti muncul sebagai obyek yang nyata.

Dengan tekun dan terus menerus meneliti keadaan pikiran, pikiran akan berubah menjadi Hal seperti “Aku” menunjukan; suatu yang sungguh-sungguh dari diri sendiri. Pikiran mesti tergantung pada sesuatu yang besar, dia tidak bisa hidup sendiri. Itu makanya pikiran juga disebut kehalusan dalam tubuh, ego, jiwa (jiwa pribadi).

Kemudian berkembang di dalam tubuh sebagai “Aku” adalah pikiran. Jika seseorang menginginkan dimana berpikir “Aku” di dalam tubuh yang pertama, akan ditemukan itu adalah Hati.

Setiap mahluk hidup adalah selalu bahagia, tidak ternoda oleh kesedihan,  dan setiap orang memiliki cinta yang agung untuk dirinya sendiri, semata2 kebahagiaan itu adalah kehidupan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, untuk menyadari akan tak terpisahkannya kebahagiaan tak ternoda tersebut, dimana sebenarnya pengalaman kita setiap hari ketika pikiran dikalahkan oleh tidur nyenyak, inilah hal penting dimana kita mesti mengetahui diri kita sendiri. Untuk mencapai pengetahuan itu, permintaan “Siapakah aku?” pertanyaan kepada diri sendiri adalah mempunyai arti sama dengan keutamaan.

Jika pikiran, dimana sebagai alat pengetahuan dan sebagai dasar semua aktivitas, berhenti, persepsi dunia sebagai sebuat objek realitas juga berhenti. Jika tidak, persepsi tali angan-angan khayalan akan putus. Jadi, jika tidak keadaan ilusi dari persepsi dunia sebagai objek kenyataan berhenti, pandangan tentang kebenaran diri dimana ilusi terbentuk, tidak akan tercapai.

Pikiran adalah kekuatan yang unik (Sakti) yang berada dalam Atman (diri), dimana tempat penalaran -penalaran dan pandangan-pandangan terjadi pada sesorang.  Jika dicermati secara teliti, apa yang tersisa setelah menghentikan penalaran, akan ditemukan tidak seperti pikiran terpisah dari penalaran, tapi penalaran sendiri membentuk pikiran.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting/755424/2301079/view https://www.google.com/search?ie=UTF-8&source=android-browser&q=siapakah+aku%3F+apakah+hanya+mimpi
Comments
Loading...