Lukisan “View of a Javanese Kampong” (Mas Pirngadi)

View of a Javanese Kampong - Mas Pirngadi
0 3.766

Lukisan View of a Javanese Kampong merupakan salah satu lukisan karya Mas Pirngadi yang menampilkan stereotip Mooi Indie dengan kekhasannya.

View of a Javanese Kampong – Mas Pirngadi
  • Pelukis : Mas Pirngadi
  • Judul : “View of a Javanese Kampong”
  • Tahun : 1919
  • Media : Oil on Canvas laid on board
  • Ukuran : 25 cm x 37 cm

Deskripsi Lukisan View of a Javanese Kampong

Lukisan ini merupakan lukisan naturalism dengan gaya mooi indie. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas.

Lukisan ini menggambarkan tentang keindahan pemandangan di kampung Jawa.

Makna Lukisan

Dalam perjalanan kesenirupaannya, Mas Pirngadi dikenal sebagai salah satu pelukis yang menganut aliran naturalisme. Karena karya lukis yang ia buat melukiskan sesuatu yang nyata dan alami seperti tampak pada aslinya. Selain itu, ia juga termasuk dalam golongan kelompok mazhab Hindia Molek atau Mooi Indie, bersama sejumlah pelukis lainnya seperti R. Abdullah Suriosubroto (18781914), dan Wakidi (18891979). Ketiganya di anggap sebagai pelanjut pelukis Raden Saleh yang dikenal sebagai perintis aliran seni lukis modern di tanah air. Dalam melukis, R.M.Pirngadi kerap menggunakan objek alam yang berkesan tentram, tenang, dan damai, sebagai gambar lukisannya.

Dalam perkembangannya, khususnya dalam melukis pemandangan alam, Pirngadie memang tidak seproduktif Abdullah dan Wakidi. Hal ini karena Pirngadie tengah memusatkan perhatiannya pada bidang yang membutuhkan tingkat teknik tersendiri. Sebagai seorang penggambar draft atau ilustrator, Pirngadie memiliki kemampuan teknik yang tinggi, benar-benar terampil dan akurat.

Itu diakui oleh koleganya, J.E. Jasper, yang mengungkapkan bahwa Pirngadie dapat menunjukkan warna yang tegas untuk menggambarkan langit Indonesia yang biru, tembus cahaya dan kaya dengan mega-mega yang lembut. Di samping itu dalam karya-karya aquarel-nya sering ada kesan sesuatu yang halus dengan kesan imajinasi yang kuat seperti dalam mimpi. Dari ilustrasi tentang dataran yang sepi, gunung-gunung yang diam, dapat mengungkapkan perasaannya yang dalam.

Pirngadie menguasai teknik-teknik melukis Barat. Ia memproduksi pemandangan-pemandangan alam serta membuat lukisan-lukisan tentang kehidupan rakyat.

Sebagai penggambar draft atau ilustrator, Pirngadie bekerja cukup lama pada The Royal Batavian Society for Arts dan Dinas Arkeologi untuk membuat gambar-gambar rekonstruksi yang tepat dari reruntuhan monumen-monumen.

Upaya meneruskan tradisi berkeseniannya, Pirngadie sempat melatih beberapa pelukis muda Indonesia, di antaranya adalah Sudjojono dan Suromo.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://www.artnet.com http://www.artnet.com/artists/mas-pirngadie/view-of-a-javanese-kampong-RECFJSqXmDn3MF8BL28YMA2 https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/2015/12/17/raden-mas-pirngadie-pencatat-seni-kerajinan-rakyat/
Comments
Loading...