Lukisan “Volcanic Rock” (Tanto Sutianto)

Volcano Rock - Tanto Sutianto
0 34.632

Lukisan Volcano Rock merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Volcano Rock – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Volcano Rock”
  • Tahun : –
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 35.4 H x 55.1 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Volcano Rock

Lukisan ini merupakan lukisan landscape dengan gaya abstrak ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang kekuatan batuan vulkanik.

Makna Lukisan

Gunung Api Vulkano adalah gunung api yang letusannya mengeluarkan lava yang agak kental, tekanan gas bervariasi dari sedang sampai tinggi, dan lava berasal dari dapur magma bervariasi pula dari dangkal sampai dalam. Letusan Gunung Api Tipe Vulkano memiliki ciri khas, yaitu akan membentuk gumpalan awan seperti bunga kol, karena gas yang dikeluarkan meluas jauh di atas kawah. Material yang dikeluarkan dari letusan berupa padatan, lava agak kental, dan gas / abu yang membentuk seperti bunga kol di atas kawah. Kekuatan letusan bervariasi tergantung kepada tekanan gas dan kedalam dapur magma.

Vulkanik dapat diartikan segala aktivitas magma dari perut bumi mencapai lapisan yang lebih atas (permukaan bumi). Magma yang menembus permukaan bumi membentuk letusan yang dapat melahirkan gunung api. Letusan gunung api ada dua macam, yaitu ledakan (eksplosif) dan lelehan (efusif). Magma, artinya batuan cair yang pijar dengan suhu tinggi yang terdiri dari berbagai macam mineral dan gas sebagai sumber tenaga untuk menekan keluar. Berdasarkan bentuk erupsinya, terdapat tiga macam gunung api, yaitu:

(1) Gunung api perisai (tameng), merupakan gunung api hasil letusan leleran yang terus menerus, contohnya pegunungan di Kepulauan Hawai dimana gunungnya relatif pendek.

(2) Gunung api strato, terjadi karena adanya letusan eksplosif dan efusif yang terus menerus, cirinya berbentuk kerucut dan tubuhnya berlapis-lapis. Jenis gunung api ini merupakan jenis yang terbanyak di dunia, termasuk Indonesia.

(3) Gunung api maar, terjadi karena adanya letusan eksplosif yang hanya terjadi satu kali karena dapur magma dangkal dan tenaga yang mendesak dari dalam perut bumi besar dengan material penyumbat kepundan sangat kental. Oleh karena desakan dahsyat, kepundan terangkat hingga terbentuklah kawah. Contohnya: Gunung Lamongan (Jawa Timur) atau Gunung Eiffel di Prancis.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Volcanic-rock-SOLD/409866/1762119/view https://henageofisikablog.wordpress.com/2016/04/23/macam-macam-gunung-api-dan-tipe-erupsinya/
Comments
Loading...