Lukisan “Wajah Gadis” (Fadjar Sidik)

Aliran realisme

Wajah Gadis-Fadjar Sidik
0 2.655

Lukisan Wajah Gadis merupakan salah satu karya lukisan Fadjar Sidik. Sejak Tahun 1957-1961 ia bermukim di Bali, berkawan dengan sejumlah pelukis antara lain Alimin, Sri Widodo dan O. H. Supono. Pada akhir tahun 1961 kembali ke Yogyakarta dan mengajar di ASRI. Sejak 1966 menjadi dosen tetap di ASRI. Selanjutnya tahun 1967-1983 menjadi Ketua Jurusan Seni Lukis di alamaternya tersebut. Ia dikenal sebagai pengajar yang mampu merangsang diskusi tajam di lingkungan Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Corak lukisannya beralih dari realisme ke abstrak di awal tahun 60-an. Pilihannya terhadap lukisan abstrak, banyak dipengaruhi oleh masa perantauannya di Bali, yang dianggapnya hanya melukis ‘benda industri’, yang meskipun indah tak semestinya ditangkap sebagai obyek representasi.

  • Judul : “Wajah Gadis”
  • Pelukis : Fadjar Sidik
  • Tahun : 1960
  • Media : Cat minyak pada Canvas
  • Ukuran : 47 cm x 38 cm

Deskripsi Lukisan Wajah Gadis

Dari karya “Wajah Gadis” ( 1960 ), ini diperhatikan bahwa sebelum sampai pada karya-karya abstrak ” Dinamika Keruangan “, Fajar Sidik mengalami periode gaya realisme dan impresionisme.  Karya-karya tersebut dibuat pada masa di sanggar Pelukis Rakyat dan masa menetapnya di Bali pada tahun 1970-an.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan indoneaia Lukisan wajah Gadis Fadjar Sidik
Comments
Loading...