Lukisan “Wall I” (Rinaldi Syam)

Wall I - Rinaldi Syam
0 1.603

Lukisan Wall I merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rinaldi Syam

Wall I – Rinaldi Syam
  • Pelukis : Rinaldi Syam
  • Judul : “Wall I”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 70.9 H x 78.7 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Wall I

Lukisan ini merupakan lukisan nature dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan tentang struktur padat yang kita lihat di setiap sudut kota membatasi dan menutupi area bangunan. Serta dinding kota secara fungsional untuk menjaga keamanan di dalam ruangan yang merupakan bagian dari bangunan internal atau eksternal, namun tidak dapat dibedakan dengan pagar. Biasanya untuk keamanan rumah, dinding disekitar tempat tinggal, kegiatan yang terjadi di dalam hunian yang tidak lagi bersosialisasi dengan lingkungan sekitar akan timbul sikap individualistis. Hal ini menyebabkan sebuah celah, tidak mau tahu, bahkan tidak mengenal satu sama lain sebagai makhluk sosial, bahkan bahaya yang bisa terjadi kita tidak menginginkan sesuatu seperti kejahatan bersembunyi di balik tembok tinggi karena setiap aktivitas telah dibatasi dan ditutup oleh tembok bangunan itu sendiri.

Makna Lukisan

Indonesia adalah sebuah masyarakat majemuk, kemajemukan ini ditandai oleh adanya suku-suku bangsa yang masing-masing mempunyai cara-cara hidup atau kebudayaan yang berlaku dalam masyarakat suku bangsanya sendiri-sendiri sehingga mencerminkan adanya perbedaan dan pemisahan antara suku bangsa yang satu dengan suku bangsa lainnya, tetapi secara bersama-sama hidup dalam satu wadah masyarakat Indonesia dan berada di bawah naungan sistem nasional dengan kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (Suparlan, 1989:4).

Dalam menjalankan kehidupan bersama, berbagai etnik yang berbeda latar belakang kebudayaan tersebut akan terlibat dalam suatu hubungan timbal balik yang disebut interaksi sosial yang pada gilirannya akan berkembang kepada interalasi sosial. Interaksi sosial merupakan syarat mutlak bagi terjadinya aktifitas sosial. Dalam aktifitas sosial akan terjadi hubungan sosial timbal balik (social interrelationship) yang dinamik antara orang dengan orang, orang dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Soekanto (1990:66), menyatakan perubahan dan perkembangan masyarakat yang mewujudkan segi dinamiknya, disebabkan karena warganya mengalami hubungan satu dengan lainnya, baik dalam bentuk perseorangan maupun kelompok sosial. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terjadi proses sosial yaitu cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang perorang dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan tersebut.

Manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupannya pada dasarnya dalam untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mempertahankan hidupnya membutuhkan manusia lain di sekelilingnya. Atau dengan kata lain bahwa dalam hidupnya manusia tidak terlepas hubungannya dengan manusia lainnya, sehingga hubungan antar manusia tersebut merupakan kebutuhan objektif.

Berdasarkan atas uraian di atas bahwa untuk menjaga agar terjalin hubungan sosial yang serasi baik antar sesama manusia maupun dengan lingkungan alam sekitarnya maka dalam melakukan interaksi diperlukan suatu aturan. Kimball Young dalam Soekanto (1990:67) mengemukakan bahwa interaksi adalah kunci dari semua kehidupan sosial, oleh karena tanpa interaksi tidak mungkin akan ada kehidupan bersama. Dalam interaksi sosial terkandung makna tentang kontak secara timbal balik atau inter-stimulasi dan respon antara individu dan kelompok. Alvin dan Helen Gouldner (dalam Taneko,1990:110) menjelaskan bahwa interaksi adalah aksi dan reaksi diantara orang-orang. Dengan demikian terjadinya interaksi apabila satu individu berbuat sedemikian rupa sehingga menimbulkan reaksi dari individu lainnya.

Namun faktanya, kehidupan masyarakat sekarang lebih mementingkan kebutuhan individunya sendiri. Sehingga mereka membangun tembok yang bukan hanya menutupi kehidupan di dalamnya, tetapi juga menjadi benteng yang mereka bangun sendiri agar kehidupannya tidak terganggu oleh orang lain.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-wall-I/350205/1437656/view http://prof-arkan.blogspot.co.id/2012/04/hubungan-sosial-dalam-masyarakat.html?m=1
Comments
Loading...