Lukisan “Warrior’s Divine Energy” (Anak Agung Gede Sobrat)

Warrior's Divine Energy - Anak Agung Gede Sobrat
0 3.629
  • Pelukis : Anak Agung Gede Sobrat
  • Judul : “Warrior’s Divine Energy”
  • Tahun : 1974
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 100 cm x 91 cm

Deskripsi Lukisan Warrior’s Divine Energy

Lukisan ini merupakan lukisan realisme, naturalisme dengan gaya pita maha. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas.

Lukisan ini menggambarkan seorang penari yang akan sedang melakukan gerakan tari perang.

Tari baris/perang adalah tarian keramat yang dipertunjukan tidak hanya untuk upacara kremasi tapi juga saat upacara peringatan Pura dan upacara suci lainya karena dipercaya saat upacara tersebut para dewa dewi dan leluhur turun ke dunia untuk memberi berkat. Jadi tarian ini dipersembahkan untuk mereka sebagai pertunjukan dan juga rasa syukur. (Sumber : www.turkebali.com).

Makna Lukisan

Sobrat adalah seniman Bali paling berbakat di masanya berdasarkan keterampilannya melukis, komposisi warna dan fleksibilitasnya.

Anak Agung Gede Sobrat dianggap membawa pembaharuan dan modernisasi dalam dunia seni Bali.

Sobrat belajar mengenai teknik melukis Barat dari Spies dan Bonnet. Sobrat banyak dipengaruhi – bahkan ada yang beranggapan meniru total – gaya Bonnet dalam hal warna, komposisi maupun teknik melukis manusia. Hal ini tampak jelas dalam lukisan-lukisannya yang bertema suasana pasar dan tari-tarian. Ia belajar seni potret dari Bonnet.

Ia banyak melukis dengan tema kehidupan di pasar, yang hampir sepenuhnya bergaya naturalis. Karya-karyanya sampai sekarang masih dijual di galeri-galeri dunia.

Pada awal karirnya, sebelum tahun 1930, Sobrat diproduksi terutama Wayang (gaya bayangan) lukisan. Beberapa karya-karya awalnya dapat ditemukan di Museum Puri Lukisan di Ubud, Bali, IndonesiaSobrat menghasilkan banyak potret, terutama putrinya.

Bonnet pernah menulis bahwa Anak Agung Gede Sobrat adalah artis paling berbakat di Bali. Karya-karyanya dapat ditemukan di beberapa museum di seluruh dunia: Museum Bali, Museum Puri Lukisan Ubud, Bali, Rijksmuseum voor Volkenkunde Leiden, dan Tropenmuseum Amsterdam. Di Bali, karya pra-perang dan modern itu dapat dilihat diMuseum Puri Lukisan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://www.artnet.com/ http://www.artnet.com/artists/anak-agung-gede-sobrat/warriors-divine-energy-l1loEx2gamy6sTtUuTpanA2 https://artsandculture.google.com/
Comments
Loading...