Lukisan “Water Curtain” Karya Anggar Prasetyo

Water Curtain - Anggar Prasetyo
0 2.576

Lukisan “Water Curtain” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Anggar Prasetyo.

Water Curtain – Anggar Prasetyo
  • Pelukis : Anggar Prasetyo
  • Judul : “Water Curtain
  • Tahun : 2017
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 200 cm x 300 cm

Deskripsi Lukisan “Water Curtain”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Karya-karya Anggar dianggap menyentuh topik-topik yang relevan dengan keadaan sosiopolitik tanah air. 

Karakteristik Lukisan

Secara sekilas mungkin karya Anggar ini tidak menawarkan presentasi visual yang menonjol, namun bila dilihat dari dekat karya lukis ini menunjukkan detail yang menakjubkan.

Tipu muslihat lukisan dua dimensi Anggar di mana objek-objek dalam lukisan menghasilkan efek dimensi yang timbul ke permukaan meskipun menggunakan kanvas yang datar.

Teknik Lukisan

Anggar Prasetyo merupakan seniman yang kerap menggunakan teknik emboss pada karya lukisnya, menghasilkan ilusi tiga dimensi yang tampak muncul ke permukaan. Namanya melejit saat diumumkan sebagai pemenang dari UOB Painting of the Year Indonesia dan UOB Painting of the Year Southeast Asia di tahun 2015 melalui karya bertajuk Exploitation of Fish.  

Anggar bereksplorasi dan mengasah kemampuannya untuk menampilkan tekstur dan guratan yang tampak berdimensi. 

Anggar menampilkan ilusi-ilusi optikal dalam karyanya dengan permainan teknik melukis tingkat tinggi yang tentu membutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam menggarap setiap detail dari objek lukisannya. Dengan teknik pemilikan warna, permainan gradasi, dan juga shading yang mengagumkan. Namun tentu bukan tanpa celah, upaya anggar dalam menampilkan pemandangan kain-kain kusut ataupun tekstur-teksur lainnya (seperti kayu dll).

Teknik emboss yang digunakan Anggar merupakan gabungan dari seni patung dan seni lukis. Anggar terlebih dahulu membuat relief tiga dimensi, untuk dicetak dari balik kanvas. Prinsip kerjanya hampir mirip dengan aktivitas menjiplak uang logam dari balik kertas dan mengarsirnya dengan pensil. Dari situlah lahir karya-karya Anggar yang banyak mengeksplorasi tekstur kain, kertas, kayu, hingga batu. Bagi Anggar, mengedepankan unsur formalis seni rupa seperti tekstur, bidang, warna, dan goresan begitu penting.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/anggar-prasetyo http://artxtraveller.blogspot.com/2012/03/pleonasme-kain-kain-kusut.html?m=1
Comments
Loading...