Lukisan “Wedding Cultural” (Rudi Maryanto)

Wedding Cultural - Rudi Maryanto
0 1.560

Lukisan Wedding Cultural merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rudi Maryanto.

Wedding Cultural – Rudi Maryanto
  • Pelukis : Rudi Maryanto
  • Judul : “Wedding Cultural”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 70.9 H x 55.1 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Wedding Cultural

Lukisan ini merupakan lukisan erotis dengan gaya impressionisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang kebebasan pernikahan antar etnis, dan nampaknya suku baru dari pernikahan tersebut.

Makna Lukisan

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat majemuk. Kemajemukan tersebut dapat dilihat dengan adanya perbedaan-perbedaan yang jelas dan dapat membedakan diantara mereka (masyarakat Indonesia) suatu suku bangsa sebagai salah satu unsur kemajemukan Indonesia, tersebar dan mendiami seluruh kepulauan nusantara. Di Indonesia terdapat sekitar 380 suku bangsa dan kurang lebih 200 bahasa daerah. Keseluruhan kelompok suku bangsa ini bercorak Bhineka Tunggal Ika, yang merupakan suatu kesatuan utuh yang tidak dapat dicerai-beraikan, masing-masing suku bangsa terwujud sebagai satuan masyarakat dan kebudayaan yang masing-masing berdiri sendiri dan disatukan oleh kekuatan nasional suatu bangsa. Hal ini akan sangat berpeluang besar akan terjadinya perkawinan beda budaya (lintas budaya). Globalisasi yang terjadi juga tidak memungkiri individu untuk melakukan interaksi yang lebih luas, sehingga hal tersebut sangat memungkinkan terjadinya pernikahan lintas budaya maupun lintas bangsa sekalipun.

Pernikahan hakikatnya merupakan suatu ikatan janji setia antara suami dan istri yang di dalamnya terdapat suatu tanggung jawab dari kedua belah pihak. Pernikahan antar etnis atau beda budaya adalah pernikahan yang dilakukan antara dua budaya yang berbeda baik itu dalam lingkupan adat, etnis, dan bangsa. Pernikahan tersebut akan menyebabkan asimilasi yaitu pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-wedding-cultural/345936/202999/view https://www.google.com/search?ie=UTF-8&source=android-browser&q=pernikahan+antar+etnis+yang+berdampak+munculnya.etnis+baru
Comments
Loading...