Lukisan “Whirling Dervishes” (Apang Balakosa)

Whirling Devishes - Apang Balakosa
0 4.770

Lukisan Whirling Dervishes merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Apang Balakosa.

Whirling Devishes – Apang Balakosa
  • Pelukis  : Apang Balakosa
  • Judul      : “Whirling Dervishes”
  • Ukuran  : 12.9 H x 8.5 W x 0 in
  • Tahun    :  –
  • Media    : Acrylic and Ballpoint on Paper

Deskripsi Lukisan Whirling Dervishes

Lukisan ini merupakan lukisan abstrak ekspresionisme. Teknik pengecatan lukisan menggunakan akrilik dan bahan lain di atas kertas. Lukisan ini menggambarkan imajinasi pelukis yang terinspirasi oleh tarian darwis Whirling. yang merupakan simbol pengikut spiritualitas.

Makna Lukisan

Telah banyak ritual yang diwariskan oleh para leluhur kita. Ritual-ritual tersebut sangatlah beragam, seperti musik, tarian, pakaian dan berbagai macam adat istiadat lainnya. Semua itu adalah warisan leluhur yang perlu dilestarikan dan dijaga sebaik mungkin karena hal tersebut merupakan tapak sejarah yang tidak bisa dibuang begitu saja dari peradaban.

Tarian Sema ( Whirling Dervishes ) merupakan Tarian Sufi yang sangat religius dari Timur Tengah. Tarian ini merupakan inspirasi dari Filsuf dan Penyair Turki yang bernama Maulana Jalaluddin Rumi, dimana tarian ini bermakna bahwa dasar dari kehidupan di dunia dan di bumi ini adalah berputar. Para penari terus  berputar mengikuti alunan musik, dimana semakin lama, putaran itu kian cepat dan panjang.

Dari tarian itu, Rumi menemukan tujuan hidup yang hakiki, yaitu mencari Tuhan. Sejak itulah dia mulai berputar, bahkan bisa selama tiga hari tiga malam.  Saat berputar, Rumi menanggalkan semua emosinya serta  semua rasa duniawi. Hanya satu yang dirasakannya, yaitu kerinduan dan kecintaan yang sangat besar pada Sang Pencipta.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Whirling-Dervishes/764591/2811429/view https://www.kompasiana.com/parlin_nainggolan/tarian-sema-whirling-dervishes-tarian-sufi-dari-turki_55002439a333111e7350fc00
Comments
Loading...