Lukisan “Yellow Asia Raya” Karya Ayu Arista Murti

Yellow Asia Raya - Ayu Arista Murti
0 1.217

Lukisan “Yellow Asia Raya” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Ayu Arista Murti.

Yellow Asia Raya – Ayu Arista Murti
  • Pelukis : Ayu Arista Murti
  • Judul : “Yellow Asia Raya”
  • Tahun : 2004
  • Media : Mixed Media on Canvas
  • Ukuran : 70 cm x 50 cm

Deskripsi Lukisan “Yellow Asia Raya”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, surealisme, figuratif. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran di atas kanvas.

Dalam rentang satu dekade (2003-2013), karya Ayu dikenal dengan lukisan-lukisan figuratif yang banyak membicarakan tentang pengaruh lingkungan dan humanitas.

Karya-karya Ayu saat ini lebih bergaya abstrak, dengan warna-warna yang lebih lembut.

Gambar-gambar yang dituangkan di atas kanvas oleh Ayu Arista Murti membuat pikiran kita melayang ke suatu gambar yang seringkali tampil di dunia kartun.

Seolah-olah karya-karya itu diangkat dari dunia dongeng, kekuatan objek di dalam karya Ayu terdapat pada kesan datar atau dua dimensi serta warna-warna cerah yang digunakannya. Berbagai ide yang datang pada saat ia sedang tertarik pada sebuah buku dongeng maka buku tersebut menjadi pemicu ilham untuk berkarya, sehingga mau tak mau sifat-sifat yang terdapat pada buku tersebut muncul dalam karyanya.

Tema Lukisan

Karya-karya Ayu banyak dipengaruhi oleh isu-isu lingkungan. Ayu melihat tema tersebut secara lebih personal dengan hanya mengangkat beberapa isu yang dianggapnya menarik, seperti kloning manusia, kekeringan, serta bumi yang rusak. Karya-karya Ayu merupakan harapannya mengenai lingkungan alam yang lebih sehat.

Menurut pengamat seni, yang membuat karya Ayu menarik adalah cara Ayu dalam menempatkan tema lingkungan dan alam semesta dalam cara pandang yang “feminim”. Melalui cara tersebut, Ayu memperlihatkan bahwa peran wanita adalah sebagai pelindung alam. Karya Ayu yang seringkali memancing imajinasi, dinilai oleh pengamat dapat membawa penonton seperti pindah ke negeri dongeng. Bentuk-bentuk yang menyerupai manusia yang sering digunakan Ayu, dianggap  lebih ceria daripada gaya yang diapakai Ayu pada masa awal berkarya.

Teknik Lukisan Karya Terbaru

Pada karya terbarunya, Ayu bereksperimen dengan air, ia mencoba bereksplorasi dengan menciptakan efek-efek air yang dibuat oleh alam. Menurut Ayu, air itu memiliki energi, jika kita memberi energi yang bagus, maka dia akan menjadi bagus, begitupun sebaliknya. Di samping air sebagai subjek, air juga sebagai simbol emosi dan keterikatan Ayu dengan alam.

Selain air, ia juga bereksperimen dengan mengombinasikan teknologi seperti neon lightNeon light ini berfungsi untuk menegaskan garis pada setiap karyanya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source archive.ivaa-online.org/ http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/ayu-arista-murti/page:5 https://sarasvati.co.id/artist/10/rising-artist-ayu-arista-murti-dan-era-visual-baru/
Comments
Loading...