Lukisan “Yellow Sun” (Tanto Sutianto)

Yellow Sun - Tanto Sutianto
0 2.443

Lukisan Yellow Sun merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Yellow Sun – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Yellow Sun”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 47.2 H x 47.2 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Yellow Sun

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak Ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan oil di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang terbenamnya matahari.

Makna Lukisan

Matahari terbenam atau swastamita adalah waktu di mana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat. Warna merah di langit pada waktu Matahari terbenam dan terbit disebabkan oleh kombinasi penyebaran Rayleigh warna biru dan tingkat kepadatan atmosfer bumi.

Matahari merupakan sumber energi utama dijagad raya yang dibutuhkan oleh semua mahluk hidup. Tanpa matahari, sistem tata surya tidak akan sempurna. Tentunya Sang Khalik sudah merancang jagat raya ini begitu sempurna dengan berbagai elemen penting di dalamnya. Gaya gravitasi yang dimiliki oleh matahari membuat planet-planet dalam tata surya mengellilinginya yang disebut revolusi dan planet itu sendiri berputar pada porosnya yang disebut rotasi. Fenomena rotasi pada planet bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam. Waktu siang diawali dengan terbitnya matahari (Sunrise) dan waktu malam diawali dengan tenggelamnya matahari (sunset).

Fenomena sunset dan sunrise merupakan hal yang syarat akan makna kehidupan di dunia ini. Ketika sunset terjadi, maka disitulah akhir dari perjuangan hidup kita selama satu hari penuh dari awal matahari terbit yang patut kita syukuri. Momen sunset menjadi sebuah refleksi diri untuk tetap memberikan waktu pada tubuh beristirahat sejenak. Walaupun tentunya dalam satu hari itu masih ada harapan yang tak tergapai, tapi yakinlah bahwa saat sunset tiba, maka moment itu menjadi awal perenungan diri dalam berpikir untuk evaluasi, menata dan merancang harapan baru untuk sunrise diesok hari. Bersama matahari terbit terpanjat doa diwaktu subuh tentang semua harapan dalam menggapai mimpi dan bersama matahari terbenam terpanjat doa diwaktu maghrib tentang rasa syukur atas kehidupan yang sudah dijalani di siang hari.

Pada saat sunset, langit yang cerah akan menjadi warna jingga yang pekat hingga akhirnya datang gelap malam. Warna jingga merupakan warna yang melambangkan suatu kehangatan dan dapat menarik perhatian, begitulah alam yang tanpa harus berteriak, dia akan selalu menjadi sebuah pusat perhatian bagi mahluk di bumi seperti sebuah langit saat sunset yang begitu menghangatkan hati dan menjadi pusat perhatian mahluk di alam semesta.

Itulah sekilas tentang Sunset yang menjadi inspirasi bagi Tanto Sutianto dalam penciptaan karya lukisan ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Yellow-sun/409866/1943899/view https://id.m.wikipedia.org/wiki/Matahari_terbenam
Comments
Loading...