Lukisan “You Must do Something” Karya Riono Tanggul Nusantara (Tatang)

You Must do Something - Riono Tanggul Nusantara (Tatang)
0 4.651

Lukisan “You Must do Something” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Riono Tanggul Nusantara (Tatang).

You Must do Something – Riono Tanggul Nusantara (Tatang)
  • Pelukis : Riono Tanggul Nusantara (Tatang)
  • Judul : “You Must do Something”
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 150 cm x 180 cm

Deskripsi Lukisan “You Must do Something”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Perjalanan Karir

Riono Tanggul Nusantoro (1984) mengenal lebih jauh tentang seni rupa sejak mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Seni Rupa Yogyakarta tahun 2000, dan melanjutkan studi di jurusan Seni Lukis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sejak tahun 2003 aktif dalam skena graffiti dan street art. Praktik ini kemudian memberi pengaruh besar terhadap kerja kekaryaannya, terutama atas ketertarikannya pada isu budaya populer seperti musik dan komik .

Ia merupakan salah satu pendiri Ace House Collective (2011) dengan beberapa teman yang mempunyai kecenderungan praktik yang sama. Ledakan pasar seni rupa pada tahun 2007 membuat pengaruh yang signifikan terhadap karyanya. Pasar yang sangat agresif kala itu membuat proses berkesenian menjadi semrawut. Dampaknya membuat karya-karya yang dihasilkan menjadi tampak membosankan.

Fase ini menjadi pembelajaran dalam proses kreatifnya yang kemudian beralih pada pengalaman pribadi dan konotasi baik buruknya “pasar” senirupa, dengan media-media baru yang simpel, mudah dan murah, membuat kedekatan seniman dengan karya menjadi intim dan intens. Ia aktif terlibat dalam berbagai pameran sejak tahun 2002 sampai sekarang, baik pameran kelompok maupun pameran tunggal, di dalam dan di luar negeri. Pada tahun 2013, ia membuat biro illustrasi dan desain dengan nama “rayatheink” yang berfokus pada karya-karya berupa drawing, printmaking, sampul album musik, merchandise, dan poster. Ia tinggal dan bekerja di Yogyakarta .

Teknik Lukisan

Penjelajahan artistik Riono Tanggul Nusantara atau sering dipanggil Tatang – seniman dengan taraf kemampuan yang mumpuni dalam penguasaan berbagai macam teknis dan gaya menggambar – di samping juga menunjukkan eksperimen terhadap identitasnya sebagai seorang “street artist” yang aktif sejak medio 2003-an hingga praktik berkeseniannya kini sebagai illustrator.

Slow, Perfect and Joy merupakan cerminan dari pribadi Tatang yang cenderung perlahan namun pasti sehingga mampu menghasilkan perfeksi dan presisi dalam setiap karyanya.

Karya-karyanya juga menegaskan kembali bahwa ketekunan dan penjelajahan akan teknik adalah sebuah pilihan politis yang tidak hanya berpengaruh terhadap obyek seni yang dihasilkan, namun juga berimbas pada praktik dan identitas kesenimanan. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/riono-tanggul-nusantara-tatang https://deskgram.net/rionotanggul/taggedin
Comments
Loading...