Lukisan “Youngman” (Dwijoko Harianto)

Youngman - Dwijoko Harianto
0 1.482

Lukisan Youngman merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Dwijoko Harianto.

Youngman – Dwijoko Harianto
  • Pelukis : Dwijoko Harianto
  • Judul : “ Youngman”
  • Tahun : 2010
  • Media : Paper, Water Color on Paper
  • Ukuran : 15.4 H x 10.6 W x 0.1 in

Deskripsi Lukisan Youngman

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya figuratif, pop art. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak dan bahan lain di atas kertas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang cahaya lukisan Rembrandt. dibaca untuk tetap awet muda.

Makna Lukisan

Pelukis Belanda Rembrandt van Rijn adalah salah satu seniman terbesar dari periode Barok Eropa. Lukisan, gambar, dan sketsanya mencakup berbagai subjek, meliputi potret, lanskap, cerita agama, dan adegan-adegan dari kehidupan sehari-hari. Karyanya menampilkan pemahaman yang simpatik dari sifat manusia yang terus dikagumi sampai hari ini.

Pelukis menciptakan efek chiaroscuro agar lukisan tampak lebih dramatis. Chiaroscuro, juga dapat digunakan untuk menciptakan pusat perhatian (centre of interest) lukisan, sehingga penikmat lukisan  terpusat perhatiannya pada bagian-bagian tertentu lukisan.

Bagian gelap dan terang  pada lukisan terstruktur sedemikan rupa, sehingga menciptakan sensasi visual. Efek chiaroscuro membangun suasana kontras pada warna-warna lukisan, menciptakan daya tarik kuat pada lukisan.

Efek-efek chiaroscuro menjadikan objek-objek yang ingin ditonjolkan dalam lukisannya, semakin tampak jelas. objek lainnya yang tidak ingin ditonjolkan tampak tersamarkan oleh warna gelap. Rembrandt menggunakan cahaya satu arah, untuk melukiskan objek-objeknya. Metode ini menjadikan efek chiaroscuro lukisannya memusat pada objek lukisan tertentu yang dikehendaki.

Lukisan-lukisan wajah (portrait) kreasinya  memanfaatkan efek chiaroscuro agar bagian tertentu wajah menjadi pusat perhatian. Bagian mata, hidung, pipi, telinga atau rambut, kadang ditampakkan lebih jelas daripada bagian lainnya.  Jika dia ingin menonjolkan sorot mata wajah yang dilukis, bagian ini dibuat terang. Lainnya disamarkan dengan warna redup atau gelap.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-youngman/1048518/4046699/view http://harian.analisadaily.com/mobile/seni/news/chiaroscuro-pada-lukisan-rembrandt/93665/2014/12/28
Comments
Loading...