Lukisan”Melting Memories-Mooi Indie #2″ (Jumaldi Alfi)

Melting Memories-Mooi Indie #2 - Jumaldi Alfi
0 3.617

Lukisan Melting Memories-Mooi Indie #2 merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, Jumaldi Alfi.

Melting Memories-Mooi Indie #2 – Jumaldi Alfi
  • Pelukis : Jumaldi Alfi
  • Judul : “Melting Memories-Mooi Indie #2”
  • Tahun : 2013
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 315 cm x 215 cm

Deskripsi Lukisan Melting Memories-Mooi Indie #2

Lukisan ini merupakan lukisan abstrak ekspresionis, pop art, modern dengan bahan akrilik di atas kanvas.

Makna Lukisan

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan salinan yang hati-hati dari lanskap “Hindia Belanda” bergaya Barat, yang dipresentasikan dalam sekumpulan bingkai konsentris. Meski dibuat dengan tangan, ini adalah bagian konseptual, yang dimaksudkan untuk memperkuat gagasan bahwa tidak ada yang “alami” tentang lukisan semacam ini.

Ini bukan jendela ke dunia melainkan bentuk yang memiliki ideologi partikalnya sendiri. Dalam seri Melting Memories, sang seniman mengandalkan gaya warna-warni “Mooi Indie” dan tema pastoral puitis. Lebih dikenal sebagai “Molek Indonesia”, genre ini sangat populer di masa penjajahan Belanda dan mencontohkan penglihatan nostalgia tentang Hindia Belanda dan bentang alamnya.

Dengan menempatkan fokusnya pada lukisan ‘Mooi Indie’, Jumaldi sedang memeriksa potensi akar sejarah seni lukis modern dan kontemporer Indonesia.

Dalam bukunya tentang Jumaldi Alfi, Michal Ron dari Freie Universität Berlin menggambarkan karyanya sebagai praktik penulisan sejarah: Ketika Alfi melukis setelah lukisan, seni menghalangi pandangan langsung di negerinya. Seniman tidak melukis lansekap, ia melukis seni. Seperti dalam drama trompe-l’oeil, mantra representasi, persepsi representasi sebagai jendela transparan bagi dunia, harus dipatahkan agar representasi muncul dan konstruksinya mulai terlihat.

Namun Alfi hanya melihat keterwakilan. Dia melihat representasi ideal surga orang lain, dan tidak melihat realitas sebenarnya yang diganti untuk presentasi ulang. Saat lukisan menggantikan kenangan, mereka menjadi sejarah. Alfi terus melukis sejarah, dalam pelajaran yang tidak pernah berakhir.  

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/artists/jumaldi-alfi http://www.arndtfineart.com/website/artist_27112?idx=ahttps://indoartnow.com/uploads/artwork/image/351/artwork-1398920600.jpg http://www.arndtfineart.com/website/artist_27112?idx=a
Comments
Loading...