Makna Lukisan Karya O.H Supono

Siratan sebuah lukisan

Repro Lukisan Semangat 45 Karya O. H. Supono
0 2.486

Karya O. H. Supono pada 1959-1984 dapat kita kelompokkan dalam tiga gaya, yakni ekspresionisme, kubisme, dan surealisme.

Berikut Makna Lukisan Karya O. H. Supono

Lukisan ” Ayam Mati “

(ekspresionisme)

Deskripsi

Goresan-goresan liar pada sebidang kanvas menggambarkan ayam yang terkulai, dadanya terbuka. Hal tersebut sesuai dengan teori ekspresionisme yang mengatakan bahwa emosi atau sensasi dari dalam itu dihubungkan dengan pathos, kekerasan, atau tragedi.

Makna Tersirat

Kemanusiaan dan humanisme semasa berada di Bali mencari “sosok” dirinya pada sosok “Ayam Mati”.

Lukisan Potret Orang Bali (Ekspresionisme)

Deskripsi

O. H. Supono memandang seorang model gadis Bali bukan dari sisi keindahan. Gadis Bali itu dibuat suram dan digores-gores wajahnya sehingga tidak proporsional untuk mendapatkan watak yang diinginkan.

Makna Tersirat

Gejala krisis kemanusiaan menjadi perhatiannya. Dia mencoba terlibat atas martabat manusia sekaligus dirinya dalam bidang seni lukis.

Lukisan Topeng
( Kubisme)
Deskripsi

Memandang dunia tidak mutlak dengan analisis, apalagi dalam kesenian. Suatu karya seni bukanlah hasil pengamatan dunia secara objektif semata yang lepas dari sensasi dan perasaan.

Makna Tersirat

Meskipun dengan pembagian bidang yang geometris dan analitis, bagi dia topeng-topeng tersebut mengingatkan masa kecilnya sewaktu menonton kesenian tradisional.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia. Jika ada informasi lain untuk artikel ini silahkan share di kolom komentar.

Source Informasi Lukisan Indonesia Menatap Semangat Kemerdekaan Lewat Lukisan
Comments
Loading...