Mother’s Anger

Siratan sebuah lukisan

Karya Affandi Koesoema
0 1.643

Mother’s Anger merupakan salah satu karya Affandi Koesoema yang sarat akan makna serta siratan rasa kecewa kepada seorang ibu yang amat mendalam.

Lukisan Mother’s Anger
  • Pelukis: Affandi
  • Tahun karya: 1960
  • Judul : ‘Mother’s Anger
  • Media : Oil on Canvas
  • Aliran : Ekspresionisme

Lukisan dibuat pada 1960, mengisahkan kekecewaaannya kepada sang ibu yang meninggalkannya tanpa mau mendengar penjelasannya terlebih dahulu. Dalam lukisan ini ibunya digambarkan seolah bergerak: awalnya berdiri di hadapan Affandi, kemudian pergi meninggalkannya begitu saja.

Dalam kesempatan lain, pria yang disebut sebagai ‘Pelukis Ekspresionis Baru Indonesia’ oleh media cetak International Herald Tribune ini menggambarkan ibunya yang belum rela mengetahui anaknya yang akan meninggalkannya sendiri karena mengejar studi di India. Affandi sempat mendapat beasiswa dari pemerintah India untuk kuliah di bidang lukis di The Art School Shantineketan Tagore University India pada tahun 1949. Ia tidak lupa akan ekspresi derita serta ketidaksiapan ibunya, kemudian melukiskannya sebagai suatu ‘kompensasi’ pada ibunya. Lukisan berjudul Mother Inside The Room pada tahun yang sama ini merupakan salah satu karya terbaiknya.

Ditinggalkan seseorang siapapun itu, terlebih seorang ibu akan sangat menyakitkan dengan kecewa yang membekas. Setiap orang mengekspresikan rasa tersebut dengan cara berbeda, termasuk Affandi. Dengan lukisannya yang ekspresif menjadikan sebuah karya berharga dan bermanka bagi siapapun yang melihatnya.

Semoga bermanfaat para Apresiator.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Affandi
Comments
Loading...