Mulyadi Wirjo Soedarmo

Pelukis Indonesia

Karya Mulyadi Wirjo Soedarmo
0 2.503

Mulyadi Wirjo Soedarmo lahir pada 22 Agustus 1938, di Pasuruan, Jawa Timur. Mengaku mulai menyenangi kegiatan melukis sejak masa kanak-kanak ditandai dengan ketertarikannya pada mata pelajaran yang ada kaitannya dengan kegiatan gambar-menggambar.

Perjalanan Karier Mulyadi Wirjo Soedarmo

  • Melanjutkan pendidikanya di STSRI-ASRI Yogyakarta dari tahun 1955-1959.
  • Pada tahun 1969, bersama Sunarto Pr, Danarto, Wardoyo, serta beberapa rekan se-alumni ASRI mendirikan Sanggar Bambu di Yogyakarta.
  • Pada tahun 1972 ia menjadi ketua dari sanggar tersebut. Keanggotaan Sanggar Bambu semakin lama semakin bertambah, bahkan sempat mendirikan perwakilannya di Jakarta. Baik langsung atau tidak langsung melalui kegiatan berkesenian yang diselanggarakan oleh Sanggar Bambu membawa andil besar dan memantapkan dirinya untuk berkarir sebagai seorang pelukis.
  • Ia juga membuat patung, relief, menjadi illustrator majalah Horison, majalah bacaan anak-anak Kuncung dan majalah lainnya.

Pameran

Kegiatan berpameran dimulainya sejak tahun 1959-1962, ia ikut aktif pameran keliling bersama anggota Sanggar Bambu lainnya kedaerah-daerah Jawa dan Madura. Kegiatan pameran tunggalnya tidak terlalu banyak terselenggara, karena setiap pameran bersama yang diikutinya selalu terjual baik itu sebagian karyanya maupun seluruh karyanya. Akhir-akhir ini peminat karynya kian bertambah, sehingga menjadi sulit untuk mengumpulkan 30-50 lukisan yang diperlukan dalam sebuah pameran tunggal.

Seniman senirupa yang telah aktif berpameran sejak tahun 1960 dan pernah menjadi finalis kompetisi Art Award 2012.

Karya Lukisan

  • Ibunda 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pelukis Indonesia Mulyadi Wirjo Soedarmo
Comments
Loading...