Museum Le Mayeur

Lukisan Ni Pollok
0 135.771

Museum Le Mayeur merupakan museum yang dibangun dari area pesisir Pantai Sanur Bali. Nama Museum Le Mayeur diambil dari nama seorang pelukis Indonesia Andrien Jean Le Mayeur De Merpres yang tinggal dan berkarya di pulau Bali. Koleksi yang dipamerkan adalah seluruh hasil karya dari pelukis Andrien Jean Le Mayeur De Merpres semasa hidupnya.

Tampak Depan Museum Le Mayeur

Museum ini terdiri dari beberapa bagian bangunan yang dari sisi interiornya sangat kental dengan nuansa Bali. Satu di antaranya adalah rumah utama yang juga merupakan ruang pameran (exhibition room). Rumah utama atau Gedung Induk ini pun terdiri dari beberapa bagian. Antara lain, ruang tamu, ruang keluarga, studio lukis Le Mayeur semasa hidupnya, ruang tidur, hingga kamar mandi.
Untuk posisinya tetap seperti dahulu, di ruang utama, ada ruang tamu, ruang keluarga, studio hingga ruang tidur dan kamar mandi. Semuanya dijadikan tempat dipajangnya lukisan-lukisan almarhum.

Ruang Pameran (Exhibition Room)
Ruang Pameran (Exhibition Room)
Koleksi Lukisan

Seluruh bagian ruangan di Rumah Utama ini menampilkan 88 karya lukis Le Mayeur.

Beberapa lukisan dari sejak sebelum menetap di Bali, yang ia bawa dari Belgia dan sisanya yang lebih banyak adalah lukisan-lukisannya selama di Bali, khususnya lukisan yang menggambarkan sosok Ni Nyoman Pollok.

Lukisan Ni Pollok

Lukisan Le Mayeur dibagi menjadi lima jenis koleksi berdasarkan media yang dipakai, yaitu bagor, hard boeard, triplek, kertas, dan kanvas. Sebagian besar tema lukisannya adalah perempuan Bali dengan bertelanjang dada.

Di Museum Le Mayeur sendiri memiliki empat ruang yang dibagi fungsi yang berbeda.

  1. Ruang pertama yang merupakan bekas ruang tamu untuk menerima sahabat kenalan, pengunjung maupun pejabat pemerintahan yang datang menikmati lukisan. Presiden Soekarno pun pernah singgah di ruangan ini pasca menjadi museum.
  2. Ruangan kedua adalah tempat buku-buku bacaan pribadi.
  3. Di ruang ketiga, lebih luas dibanding ruangan lain adalah bekas studio tempat Le Mayeur melukis Ni Pollok sebagai model lukisannya.
  4. Sementara, di ruang keempat yang cenderung kecil adalah tempat tidur Ni Pollok dan Le Mayeur.
Bagian Luar

Di bagian luarnya, bangunan beraksitektur khas Bali terlihat. Ada sebuah kolam yang diapit bangunan. Di depan pintu masuk, sebuah pura kecil berdiri. Di pintu masuk museum, patung-patung juga berdiri

Bagian Luar Museum Le Mayeur
Bagian Luar Museum Le Mayeur

Museum Le Mayeur terletak di Jalan Hang Tuah, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Museum Le Mayeur berada di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Museum Le Mayeur
Comments
Loading...