Pengertian Seni Lukis Mooi Indie di Indonesia

0 137.283
Pengertian Seni Lukis Mooi Indie di Indonesia

Istilah Mooi Indie berasal dari bahasa Belanda. Dalam bahasa Indonesia, “mooi” berati cantik atau molek atau jelita. Sedangkan Indie berarti Hindia atau wilayah Nusantara yang kini disebut Indonesia.

Istilah ini pada mulanya dikenal dari dunia seni lukis. Adalah pelukis Sudjojono yang mempopulerkan istilah ini pada 1930. Pada saat itu ia memakai istilah “mooi indie” untuk menyebut karya lukis yang menggambarkan pemandangan-pemandangan di Hindia atau Indonesia yang serba indah, damai, dan tenteram.

Meski istilah ini baru populer pada 1930-an, lukisan jenis naturalistik “mooi indie” ini sebenarnya sudah dilakukan oleh pelukis Raden Saleh yang mengenalkan gaya naturalistik di lukisannya pada abad 19. Namun sejak Raden Saleh meninggal pada 1877 gaya naturalistik ini jarang yang mengikutinya.

Oleh pemerintah Belanda gaya naturalistik ini diteruskan pada awal abad 20. Pemerintah mensponsori para pelukis Belanda-seperti Du Chattel–maupun bumiputera untuk membuat lukisan “mooi indie”. Mereka “diminta” menggambarkan suasana alam Indonesia yang cantik, damai, dan tenteram. Lukisan tersebut kemudian dipamerkan di Eropa. Dengan menggambarkan Hindia yang cantik jelita, pemerintah Hindia Belanda bertujuan menarik para wisatawan Eropa datang ke Indonesia.

Pelukis-Pelukis Mooi Indie

Beberapa pelukis aliran mooi indie yang terkenal adalah :

Ciri-ciri Lukisan Mooi Indie

Ciri khas lukisan mooi indie dapat diketahui dari obyek lukisan. Obyek lukisan itu umumnya berupa

  • Landscape pemandangan alam  seperti sungai, gunung, hutan, suasana pedesaan, sawah yang indah di Hindia Blanda.
  • Menggambarkan wanita-wanita di Hindia Belanda yang juga eksotik. Umumnya wanita Timur ini digambarkan sedang menari atau melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Umumnya tampilan lukisan moii indie menggunakan pilihan warna yang teduh, terang, dan damai.
Lukisan Mooi Indie

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Mengenal Lukisan Moii Indie dan Para Pelukisnya
Comments
Loading...