Makna Lukisan Potret Diri dan Topeng-topeng Kehidupan

Siratan sebuah lukisan

Karya Affandi Koesoema
0 5.199

Lukisan menjadi salah satu bentuk ekspresi seseorang untuk memuntahkan isi kepalanya. Berikut ulasan tentang salah satu karya Affandi Koesoema yang bisa Anda pelajari maknanya para Apresiator.

Lukisan Potret Diri dan Topeng-topeng Kehidupan

 

  • Pelukis : Affandi Koesoema
  • Tahun : 1961
  • Judul : “Potret Diri & Topeng-topeng Kehidupan”
  • Aliran : Ekspresionisme
  • Ukuran : 110 cm X 135 cm
  • Media : Oil on Canvas (cat minyak diatas canvas)
  • Disimpan : Museum Affandi

Deskripsi Lukisan

Lukisan “Potret Diri dan Topeng-topeng Kehidupan” Affandi melukiskan seorang pria dengan beberapa sosok wajah di sisi-sisinya.

Dalam lukisan ini digambarkan secara ekspresif sosok pria ini bertelanjang dada dan memiliki ciri-ciri perawakan berambut gimbal, gondrong, berjanggut dan berkumis lebat. rambut gimbal tersebut digambarkan dengan perpaduan warna hitam, coklat dan putih begitu pula dengan jenggot dan kumisnya. Wajah pria tersebut digambar dengan warna coklat yang ditumpuk dengan warna-warna lain seperti merah, putih, hitam dan hijau.

Matanya terlihat memejam dengan kerutan-kerutan pada dahi dan wajahnya. selain sosok pria yang menjadi subjek matternya, disamping kiri, kanan dan atasnya terdapat lukisan topeng atau wajah yang melingkupi bagian background.

Makna Lukisan

Disini perwujudan dari bisikan-bisikan setan itu dilukiskan Affandi seperti sesosok topeng-topeng yang berperan sebagai tokoh kejahatan dalam cerita-cerita Jawa. Dan Topeng itu sendiri cenderung bukan wajah asli dari diri manusia itu sendiri, dia adalah perwujudan dari bisikan-bisikan jahat yang menutupi hati dari kebenaran, sehingga membentuk karakter dalam tingkah laku dalam kehidupan nyata, kecuali mereka manusia-manusia yang kuat, sabar, tegar dan selalu mendapat petunjuk dari Tuhan yang bisa mengendalikan nafsu dengan baik dan benar dari godaan bisikan Topeng-topeng kehidupan. Dan mereka yang tergoda menjadikan nafsu sebagai kendaraanya menuju kesempurnaan.

Selamat memaknai.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Potret Diri Karya Affandi
Comments
Loading...