Profesionalisme Karya Astari Rasyid

Karya lukisan yang sarat akan profesionalisme

Mirror-mirror Karya Astari Rasyid
0 2.448

Profesionalisme Astari Rasyid – Seusai studi di Amerika Serikat, Astari Rasyid menganggap bahwa blantika senirupa ibarat belantara gelap yang harus dibedah dengan semangat dan tekad yang tinggi. Untuk itu, selama proses pencarian jati diri untuk menempatkan posisinya sebagai pelukis profesional harus siap menghadapi berbagai tantangan.

Berikut beberapa lukisan karya Astari Rasyid

Calling for Petruk”
Calling for Petruk
Deskripsi

Astari melukiskan dirinya dalam karakter wayang bernama Petruk. Ia menjadi Petruk versi perempuan mengenakan pakaian kebaya yang kancingnya dilepas. Dibalik kebaya, ia mengenakan pakaian seperti Superman, namun dengan tulisan ‘P’ untuk Petruk. Karya ini menunjukkan perpaduan antara sisi maskulin tradisional jawa dan barat.

Petruk Can Do Everything Superman Can Do”
Petruk Can Do Anything Superman Can Do
Deskripsi

Astari masih digambarkan sebagai tokoh Petruk versi perempuan. Ia tengah membopong Spiderman, si manusia super. Padahal biasanya Spiderman lah yang menyelamatkan dan membopong perempuan.

“Formula #1 Perempuan Kuat”
Deskripsi

Astari melukiskan dirinya sebagai seorang perempuan yang terlihat gagah berdiri tegak dengan mengenakan pakaian tradisional pria jawa, yaitu beskap dan blankon.

Solitaire
Deskripsi

Astari digambarkan bersayap mengenakan busana berwarna merah berdiri tegak tatapan lurus ke depan dengan kedua tangan di depan memegang buket bunga. Latar lukisan sangat detail dengan latar menghadap ke luar jendela. Menampakkan langit berawan kekuningan disertai pesawat yang tengah terbang.

” T-Time With Frida ”
Deskripsi

Astari menampilkan potret dirinya bersama Frida Kahlo, pelukis ternama asal Meksiko yang terkenal dengan lukisan potret diri. Kahlo sendiri sudah meninggal pada tahun 1954. Mereka berdua berasal dari negara dan era yang berbeda. Akan tetapi mereka memiliki kesamaan dalam hal ketertarikan akan budaya dan pengalaman pribadi yang dikaitkan dengan karya mereka. Di dalam lukisan, Astari menggambarkan dirinya dan Kahlo tengah duduk bersama sambil berpegangan tangan. Lukisan yang sangat unik karena Astari yang berasal dari Jawa menggunakan pakaian perempuan meksiko, dan sebaliknya Kahlo yang berasal dari Meksiko mengenakan pakaian tradisional jawa. Astari melalui lukisannya ingin mengungkapkan bahwa tradisi dalam kehidupan tradisional dan modern itu sama.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Indormasi Lukisan Indonesia Karya-karya Astari Rasyid
Comments
Loading...