Rustamadji

Pelukis Indonesia

Pohon Nangka Karya Rustamadji
0 12.872

Rustamadji dilahirkan di Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 19 Januari 1921. Ia dikenal sebagai pelukis otodidak yang pernah bergabung dengan Pelukis Rakyat tahun 1948. Seain melukis, dia juga menulis dan seorang pematung.

Perjalanan Karier Rustamadji
  • Memulai karier melukis sejak tahun 1938 yang ditempuh dengan cara belajar sendiri.
  • Tahun 1942 – 1947, ia bermukim di kota Malang, Jawa Timur.
  • Dalam tahun 1948 s/d 1955 tinggal di Yogyakarta dan bergabung dengan kawan-kawannya seperti S. Soedjojono, Batara Lubis, Hendra Gunawan, Soedarso dan lainnya dalam sebuah sanggar.
  • Pada tahun 1952, bersama dengan kawan lainnya mengadakan pameran keliling Indonesia atas sponsor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Karya Lukisan

Salah satu karyanya yang berjudul ‘Pohon Nangka’ telah dikoleksi oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, yang kemudian digantungkan dalam buku seni lukis Indonesia Koleksi Bung Karno pada penerbitan pertama edisi II. Lukisannya yang lain telah menjadi koleksi Adam Malik, Joop Ave, Yakob Utama serta kolektor lainnya.

Perjuangan untuk Mengadakan Pameran
  • Dengan sisa tenaga dan kemampuan yang dimiliki dia terus melukis dengan tekun sekalipun tak pernah terbayang kemungkinan untuk mengadakan pameran.
  • Satu demi satu karyanya diselesaikan kemudian dinikmatinya sendiri sebelum disimpan hingga mencapai jumlah 50 lukisan yang di buat dari bahan cat minyak diatas kanvas dalam berbagai ukuran kecil (40 x 50 cm) dan ukuran besar (210 x 390 cm).
  • Selama hampir 23 tahun sejak tahun 1958 – 1981, ia seolah-olah hidupnya terasing dan terpencil agaknya terlepas dari barisan parade seni rupa Indonesia yang teramat riuh pertumbuhannya pada saat itu. Barulah pada bulan Agustus 1981.
  • Muncul kembali dengan pameran tunggalnya yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki. Dengan dorongan yang tulus dari Saudara Mustika dari Sanggar Krida Jakarta telah menghubungkan dengan Pimpinan Taman Ismail Marzuki kemudian dengan sangat spontan memprakarsai pameran tunggalnya.
  • Pada kesempatan tersebut di tampilkan sebanyak 45 lukisan yang di buat sejak tahun 1938 sebagai kolesi pribadi hingga lukisan-lukisan yang terbaru. (Apa & siapa : sejumlah orang Indonesia 1985 – 1986, oleh : Mubyarto)
Akhir Hayat

Tahun 1956 sampai dengan 1968  ia bersama keluarganya bermukim di Jakarta, setelah itu ia dan keluarganya kembali hidup dan berkarya dikampungnya sendiri Klaten, Jawa Tengah hingga akhir hayat menjemputnya pada tahun 2001.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pelukis Indonesia Rustamadji LUKISAN KARYA RUSTAMADJI, KLATEN, JAWA TENGAH
Comments
Loading...