Sejarah dan Perkembangan Seni Lukis Indonesia

0 1.347.185

Sejarah dan Perkembangan Seni Lukis Indonesia – Seni Lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Lukisan adalah karya seni rupa dua dumensi yang dibuat dengan media lukis seperti kanvas, kertas dan lain sebagainya, yang dibuat dengan beberapa macam alat seperti pensil, cat air, cat akrilik, kuas dan alat lain. Seiring perkembangan jaman,  lukisan tidak hanya dalam bentuk dua dimensi saja tetapi ada juga yang tiga dimensi. Dengan nilai estetika yang tinggi, hasil karya seni rupa murni berupa lukisan bisa sangat berharga, terlebih joka hasil karya seorang Maestro seperti Affandi Koesoema, Basuki Abdullah, Raden Saleh yang mempunyai makna simbolik dan sejarah mendalam. Tidak jarang para kolektor rela akan mengapresiasinya dengan harga tinggi.

Media Seni Lukis

Perkembangan seni rupa Indonesia khususnya seni lukis tidak banyak diketatahui. Hal itu karena karya tulis yang mengupas parjalanan seni rupa masih sedikit dan terbatas pada kalangan akademis. Namun, akhir-akhir ini banyak seniman yang mengupas dan menulis seputar seni dan kesenian di Indonesia, terutama tentang seni lukis.

Masa Perkembangan Seni Lukis Indonesia

Secara garis besar perkembangan seni lukis di Indonesia meliputi :

Latar Belakang

Perkembangan seni lukis Indonesia, dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut :

  • Warisan Budaya : Merupakan sifat dasar manusia yang saling membutuhkan dengan makhluk sekelilingnya. Kemudian melahirkan hubungan  kejiwaan antara intuisi manusia dan emosi manusia dengan realitas yang tak terumuskan.
  • Kekuatan Sejarah : Kesadaran atas gejala-gejala sosial, pergolakan yang terjadi pada masa perjuangan. Melahirkan pemikiran-pemikiran yang tak bisa tersampaikan secara langsung. Sehingga para seniman mencoba menyiratkannya lewat media seni lukis.
  • Pengaruh Barat : Dalam perkembangannya di Indonesia, seni lukis modern Indonesia dimulai dengan masuknya penjajahan Belanda di Indonesia. Kecenderungan seni rupa Eropa Barat pada zaman itu ke aliran romantisme membuat banyak pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliran ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia SEJARAH PERKEMBANGAN SENI LUKIS INDONESIA
Comments
Loading...