Sudarso

Sudarso - Pelukis Indonesia
0 8.105

Sudarso (lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 1914/1916; meninggal 20 Juni 2006 di Purwakarta, Jawa Barat, dimakamkan di Yogyakarta) adalah seorang pelukis Indonesia, dan pengajar di STSRI ASRI (Sekolah Tinggi Seni Rupa/Akademi Seni Rupa Indonesia)

Sudarso – Pelukis Indonesia

Latar Belakang Kehidupan

Sudarso belajar melukis di Bandung bersama pelukis Affandi dan Barli pada tahun 1937. Ayahnya seorang carik desa. Ia menyukai menggambar sejak kanak-kanak dengan meniru bentuk tokoh-tokoh wayang kulit. Tamat Sekolah Dasar Arjoena School di Ajibarang, Jawa Tengah, tahun 1931.

Sejak itu sampai tahun 1938, ia berkelana ke Bandung, hidup dari berdagang telur dan susu berkeliling kota hingga bertemu Affandi, pelanggannya. Mulai saat itu ia berlatih melukis dengan Affandi. Ia pernah mengadakan pameran lukisan tunggal di Kedutaan Argentina, Jakarta pada tahun 1960, dan di Balau Budaya Jakarta tahun 1969.

Karya Lukisan Sudarso

Tentang seni lukisnya, ia terkenal dalam Seni Lukis Jakarta dalam Sorotan. Sudarso sering melukis perempuan desa yang tampak sederhana dengan gambar pemandangan alam sebagai latar dengan gaya yang khas.

Ia dianggap tepat dalam mengungkapkan psikologi wanita desa, sederhana, polos dan wajar. Kebanyakan lukisan itu berpose sedang duduk. Penggambaran kaki tangan perempuan-perempuan dalam arti kualitatif juga sangat menonjol. Affandi mengakui bahwa sampai saat ini, ia merupakan pelukis Indonesia yang pandai menggambar kaki dan tangan. Beberapa karyanya adalah, Gajah UwongWanitaIbu dan Anak, dan Dik Kedah. 

Karya-karya Sudarso tampil dalam gaya realisme dan mudah dikenali tampilannya, sosok model wanita rakyat berkain dan kebaya di muka, dengan batas cakrawala di latar kejauhan. Umumnya mempergunakan perwarnaan yang remang dan muram. Realismenya bersumber pada kehidupan sosial lewat berbagai sosok wanita yang tergambarkan bersama perangkat kerjanya. Tapi kemudian, model-model wanita itu lebih sering dilukiskan terbebas dari objek kerjanya. 

Kegiatan Lain :
Anggota Kelompok
Lima Bandung,
Bekerja di bagian
seni rupa POETERA
(Pusat Tenaga Rakyat, 1943)
Pendiri Seniman Masyarakat (1945),
Anggota Gabungan Pelukis Indonesia (1949-1951),
Pendiri dan Pengajar ASRI
(1951-1966)

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia

Source https://m2indonesia.com https://m2indonesia.com/tokoh/sastrawan/sudarso.htm https://m2indonesia.com/tokoh/sastrawan/sudarso.htm
Comments
Loading...