Tatang Ganar

Pelukis Indonesia

Tatang Ganar
0 2.540

Tatang Ganar adalah seniman lukis kelahiran Cangkuang, Bandung, Jawa Barat, 19 Agustus 1936 ini merajut karirnya sejak masa remaja.

Perjalanan Karier Tatang Ganar

Selama lebih dari 40 tahun berkarya secara produktif dengan karya yang tak terhitung jumlahnya. Tatang, adalah anak keluarga petani. Djana, ayahnya, selain mencangkul, juga senang menari dan melukis di atas kaca. Mengusung tema wayang dan alam benda lainnya. Dari sini sudah dapat diketahui darah seni sang ayah mengaliri tubuh anaknya.

Tatang Ganar, yang dialiri darah seni orang tuanya terus melaju kedepan untuk mencapai cita-citanya menjadi pelukis. Terlebih setelah ia menyaksikan pameran besar lukisan karya para maestro seni lukis di gedung Yayasan Pusat Kebudayaan di jalan Naripan, Bandung. Diantara pelukis kondang yang ikut pameran itu antara lain Affandi, Hendra Gunawan, Soedarso, Sapto Hoedojo. Sejak itu hasrat Tatang kian menggebu ingin jadi melukis tenar.

Setamat SMA di Bandung, Tatang kabur ke Yogyakarta berguru para pelukis kondang yang ia temui dan bergabung dengan pelukis rakyat (LEKRA).

Pada usianya yang ke-55 tahun telah melahirkan sekitar 10.000 lukisan. Suatu produktifitas yang sangat mencengangkan. Pada usia ke-55 tahun itulah ia sempat menerbitkan album lukisananya yang disebut ‘Mangle’ atau ‘Bunga Rampai’. Tiga bagian dari tema lukisan yang termuat dalam album tersebut terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, ‘Masa Kota Kembang’, kedua, ‘Ballada Tanpa Nada’, ketiga, ‘Warna Siang dan Malam’.

Menjelang usianya yang ke 70 tahun, tepatnya pada 2004 lalu,  Tatang  Ganar menutup lembaran hidupnya di kota kelahirannya, Bandung. Ia mewariskan sejumlah besar karyanya yang tersimpan di galeri ‘Tatang Ganar’, Bandung Utara.

Karya Lukisan

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Tatang Ganar
Comments
Loading...