Taufiq Widajatma Tetsia

Pelukis Pigmen Lumpur

Taufiq Widajatma Tetsia
0 124.687

Taufiq Widajatma Tetsia, pria yang lahir di Jawa Timur pada Mei 1971 adalah Seorang pelukis unik.

Ia menemukan elemen berupa ‘pigmen’ lumpur, membuatnya jadi satu-satunya pelukis ‘pigmen’ lumpur di Jatim dan Indonesia.

Pendidikan dan Perjalanan Karier Taufiq Widajatma Tetsia
  • Taufiq kecil diperkenalkan dengan dunia seni oleh orangtuanya, Patah R Atmadja-Soedji Lestari.
  • Bakat seni lukisnya tampak ketika sejak kecil dia suka mencoret-coret dinding rumah dengan apa saja, bisa kapur atau bahkan arang.
  • Pada tahun 1999 ia menempuh pendidikan fine art di Dutchess Community College di New York. Dibiayai kakaknya, dia mereguk ilmu tentang visual art hingga tahun 2000.
  • Pada tahun 2008 ia mencoba hal baru dengan datang ke pusat semburan Lumpur Lapindo. Selain itu, ia juga membaca riset lumpur dari PBB terkait kandungan lumpur tersebut.
  • Ia kemudian mengambil endapan lumpur tersebut dan membawanya ke rumah. Sampai di rumah, ia mencoba melukis dengan lumpur itu tapi gagal. Menurutnya bentuk karakter yang diinginkan jadi berantakan dan lukisan pun tak bisa dibentuk.
  • Setengah putus asa, ia kemudian membiarkan endapan lumpur itu di rumahnga. Lalu, sekitar dua minggu kemudian, ia tak sengaja melihat lumpur yang diambilnya dengan tangan, ia lalu meraup endapan itu. Tak disangka, dari lumuran endapan di lengan, dia melihat ada lapisan berwarna kuning keemasan.
  • Lapisan itu licin seperti minyak, tapi bukan minyak. Karena penasaran, lapisan yang ia sebut ‘pigmen’ lumpur itu ia pakai melukis dan ternyata hasilnya bagus. Lukisan jadi berkarakter dan keluar warna keemasan.
  • Dari situlah, kecintaannya pada lukisan lumpur timbul. Ia benar-benar terobsesi dan jatuh cinta pada lumpur. Kemudian, secara periodik ia mengambil satu jerigen lumpur di Porong untuk diambil pigmen lumpurnya.
  • Setelah itu, satu demi satu lukisan telah dia buat. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 20an lukisan lumpur yang dia buat. Adapun lukisan pertama yang dia buat adalah bertema ‘Bed Time Story’.
Beberapa Karya Lukisan Taufiq

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pelukis Indonesia Taufiq Widajatma Tetsia
Comments
Loading...